Datangi Pintu Tribune 13, Penggawa Arema Saling Kuatkan Mental

Para penggawa Arema saling kuatkan mental saat mendatangi pintu tribune 13 Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu (9/11/2022) malam. Momen itu terjadi saat 40 hari korban Kanjuruhan Disaster 2.

Sebelum melakukan doa bersama, para penggawa Singo Edan menabur bunga di pintu 13, yang diklaim paling banyak korban jiwa berjatuhan. Tak hanya, pemain, tim pelatih, offisial, dan manajemen klub ikut bergabung dalam kesempatan itu.

Pelatih Arema, Javier Roca mengaku tak ada pesan-pesan khusus kepada pemainnya. Terutama untuk mereka yang psikologisnya masih bermasalah ketika kembali ke stadion yang berpotensi membangkitkan rasa traumatis.

“Secara khusus tidak ada pesan, tapi dalam hati kita sudah tahu kalau kejadian itu di tempat ini. Makanya kita harus kuat mental dan saling menguatkan,” kata Roca.

Penggawa Arema Saling Kuatkan Mental Untuk Kembali ke Kehidupan Normal

Javier Roca memungkiri, pasca mengalami tragedi tersebut, kehidupan para penggawa Arema tidak baik-baik saja. Menguatkan mental kembali ke Stadion Kanjuruhana dalah salah satu upaya mereka untuk kembali ke kehidupan normal.

Sebelumnya, tim Arema bahkan sampai harus berlatih dengan didampingi tim psikolog. Roca menyebut, kini kondisi psikologis pemainnya sudah lebih baik daripada sebelumnya.

“Kita mencoba untuk beraktivitas normal lagi, tapi tetap ada rasa bersalah, karena kejadian ini masih tetap berjalan, investigasi tetap berjalan, masih ada banyak saudara kita yang terpukul, dan beberapa masih dirawat di rumah sakit,” tandas pelatih asal Chile tersebut.