Dendi Santoso Tak Setuju Lanjutan Liga 1 2020 Tanpa Penonton

Dendi Sanatoso Tak Setuju Lanjutan Liga 1 2020 Tanpa Penonton
Dendi Santoso saat melawan Persija

Dendi Santoso tak setuju jika laga lanjutan Liga 1 2020 digelar tanpa penonton di tengah pandemi covid-19. Pemain sayap Arema itu berharap masih ada penonton yang diperbolehkan masuk stadion, meski ada pembatasan jumlahnya.

Sebelumnya, ada sinyal Liga 1 2020 bakal dilanjutkan pada Juli mendatang dengan sejumlah opsi yang diusulkan klub-klub. Selain harus menerapkan protokol kesehatan dalam wacana new normal yang ditetapkan Pemerintah RI, ada opsi untuk menggelar laga tanpa penonton.

Aturan 50 persen pengunjung dari total kapasitas yang diizinkan untuk tempat usaha bisa saja diberlakukan di stadion saat pertandingan. Artinya, jika stadion berkapasitas 20 ribu, maka Panpel tuan rumah hanya diizinkan mencetak 10 ribu tiket.

“Kalau kompetisi dilanjutkan tapi laga digelar tanpa penonton, saya tidak setuju. Sedikit banyak pasti ada hubungannya dengan mental pemain. Pasti ada pengaruhnya, karena tidak enak bermain tanpa penonton,” kata Dendi.

Opsi Lain untuk Lanjutan Liga 1 2020

Opsi lain untuk kelanjutan Liga 1 2020 adalah dituadakannya promosi dan degradasi dari dan ke kasta tertinggi. Dendi Santoso mengaku opsi itu tak berpengaruh pada pemain Arema, terutama dirinya secara pribadi.

Menurutnya, pemain seusia dirinya biasanya justru termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik. Pemain berusia 30 tahun itu tetap ingin menang terus meski tak ada ancaman degradasi.

“Saya ingin menang terus, karena pasti ada apresiasi dengan manajemen lewat bonus. Kami tetap merasa tertantang menjadi yang terbaik, meski tanpa degradasi. Saya pikir, teman-teman pemain Arema lainnya juga demikian,” imbuhnya.

Opsi Liga 1 2020 Dipusatkan di Jawa-Bali

Dendi Santoso pun angkat suara soal opsi Liga 1 2020 akan dilanjutkan dengan dipusatkan di Pulau Jawa-Bali. Menurutnya, opsi ini tidak masalah jika alasannya demi memutus mata rantai covid-19.

“Saya rasa, PSSI sudah puny formula terbaik untuk kelanjutkan kompetisi. Jujur kami antusias menyambut kelanjutan kompetisi, karena sudah lama kami tidak bertanding. Lama juga tidak berkumpul bersama tim, saling canda, pasti ada semangat tersendiri,” tegasnya.