Diminta Istirahat, Hamka Hamzah Memaksa Latihan Ringan

Hamka Hamzah
Hamka Hamzah

Hamka Hamzah memaksa ikut latihan di Stadion Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Selasa (17/9/2019) sore. Padahal, kapten tim Arema itu sedang dalam pemulihan dari sakit tipus.

Mengenakan jersey yang sama dengan nawak satu timnya, Hamka berlatih terpisah. Stopper 35 tahun itu hanya jogging ringan keliling lapangan.

Pagi harinya, pemain asal Makassar itu sudah digelontor cairan infus. Sebenarnya, Hamka disarankan untuk beristirahat di rumah saja untuk memulihkan kondisinya sebelum laga lawan Persela Lamongan di pekan ke-19 mendatang.

“Hamka sebenarnya kami minta isrirahat, tapi dia memaksa latihan ringan untuk beradaptasi,” kata dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi.

Sakit Sejak Pekan Lalu

Tak banyak yang tahu, sakit gejala tipus itu diderita Hamka Hamzah sejak pekan lalu. Tepatnya setelah menjalani latihan fisik di Pantai Balekambang.

Namun, pemilik jersey bernomor punggung 23 itu tetap dimainkan saat Arema ditahan imbang Borneo FC 2-2 pekan lalu. Bahkan, Hamka tampil selama 90 menit penuh, meski tak dapat rekomendasi dari dokter Nanang.

“Dia sakit sejak sebelum lawan Borneo, tapi pelatih mungkin punya pertimbangan lain, sehingga tetap dimainkan,” imbuh dokter asal Ngawi itu.

Jadi Korban Jadwal Padat

Dokter Nanang menyebut Hamka Hamzah menjadi korban dari padatnya kompetisi Liga 1 2019. Jadwal gila sejak pra-musim sangat disesalkannya.

“Saya pikir dia ini korban dari padatnya kompetisi, juga jadwal pra-musim yang gila,” pungkasnya.