Dokumen Lengkap, Javier Roca Tunggu Pengesahan dari PT LIB

- Advertisement -

Javier Roca tunggu pengesahan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai pelatih kepala Arema. Pelatih asal Chile itu sudah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Usai teken kontrak di Jakarta bersama Manager Tim Arema, Ali Rifki, Selasa (6/9/2022), urusan berkas-berkas dilimpahkan kepada Media Officer Arema, Sudarmaji. Langkah selanjutnya, namanya dimasukkan Sistem Informasi Administrasi Pemain dan Pelatih (SIAP).

Dalam laman ligaindonesiabaru.com, nama mantan pelatih Eduardo Almeida sudah tak ada dalam kolom offisial tim Arema. Hanya saja, nama Roca juga belum terdaftar hingga Rabu (7/9/2022) pagi.

“Semua dokumen administrasi yang dibutuhkan Roca sudah siap. Kami tinggal memasukkan dokumen kontrak yang diteken dia hari ini (kemarin). Kami berkirim surat kepada PSSI, PT LIB, dan mendaftarkannya melalui aplikasi SIAP,” kata Sudarmaji.

Javier Roca Tunggu Pengesahan dari PT LIB, Sudah Memenuhi Persyaratan Regulasi

Sudarmaji menambahkan, kelengkapan dokumen Javier Roca sudah terpenuhi, termasuk penyetaraan lisensi kepelatihannya yang sudah diakui setara dengan AFC Pro. Artinya, pelatih berusia 45 tahun itu tak melanggar regulasi yang menyebutkan pelatih kepala di Liga 1 2022-2023 harus minimal A Pro.

Menurutnya, dalam regulasi kompetisi juga sudah diatur, bahwa pergantian offisial (termasuk pelatih kepala) bisa dilakukan dengan di tengah musim berjalan. Syaratnya hanya butuh melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

“Termasuk penyetaraan lisensi kepelatihannya (dari ANFP Pro ke AFC Pro) sudah dilakukan Roca. Jadi, dia sudah memenuhi syarat. Setelah teken kontrak, kami daftarkan, lalu diverifikasi, dan kita laporkan kepada LIB untuk mendapatkan pengesahan,” imbuhnya.

Harapannya Bisa Mendampingi Arema Lawan Persib Bandung

Jika tak ada halangan, Javier Roca dikabarkan datang ke Malang pada Rabu (7/9/2022) untuk memimpin sesi latihan Arema. Harapannya, jika proses pengesahannya oleh PT LIB berjalan lancar, eks pelatih Persik Kediri itu bisa mendampingi tim di laga lawan Persib Bandung (11/9/2022).

“Agar dia tenang memimpin sesi latihan, makanya besok (hari ini) akan kami selesaikan langkah-langkah pendaftarannya. Kami akan terus berkomunikasi dengan LIB, semoga segera disahkan karena dokumennya sudah lengkap,” tandasnya.

Ditunjuk sebagai pelatih kepala Arema, Javier Roca mendapatkan tantangan dengan klausul khusus yang super ngeri. BACA: Namun, Javier Roca memutuskan menerima tantangan tersebut sebagai pelatih kepala Arema.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya