Hamka Hamzah Sarankan Arema Maksimalkan Pemain Muda Musim Depan

Hamka Hamzah Sarankan Arema Maksimalkan Pemain Muda Musim Depan
Hamka Hamzah (C) DANI KRISTIAN

Hamka Hamzah sarankan Arema maksimalkan pemain muda di kompetisi Liga 1 musim depan. Saran kapten tim Arema itu sebagai solusi jika jadwal padat masih tetap terjadi seperti Liga 1 2019 musim ini.

Musim ini jadwal padat Liga 1 2019 diakui membuat Hamka yang sudah berusia 35 tahun merasa keteteran secara fisik. Dengan memaksimalkan pemain muda, harapannya tenaga mereka dapat diandalkan di jadwal kompetisi yang padat.

Adanya ajang Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 membuat Liga 1 2019 sempat mundur. Beberapa jadwal pertandingan juga terpaksa ditunda karena faktor keamanan, dan sebagainya.

“Kalau jadwal kompetisi masih begitu, saya pribadi menyarankan agar Arema mencari pemain muda yang lebih fit, kalau saya jujur tidak sanggup,” kata Hamka.

Siap Menjadi Pemain Pelapis

Menyadari fisiknya tak sanggup menghadapi jadwal kompetisi yang padat, Hamka Hamzah punya solusi untuknya pribadi. Stopper asal Makassar itu menegaskan siap menjadi pemain pelapis.

Seperti diketahui, musim 2020 mendatang menjadi musim terakhir pemilik jersey bernomor punggung 23 itu. Hamka memang sudah mengungkapkan niatnya untuk pensiun di usia 36 tahun di akhir musim depan.

“Sebelum pensiun, saya siap menjadi pemain pelapis dari pemain-pemain yang lebih bugar untuk tahun depan. Saya harus sadar diri, saya pikir pemain yang usia 30 ke atas hampir sama dengan saya,” pungkas mantan pemain Timnas Indonesia tersebut.