Hanif Sjahbandi: Profesi Saya Pesepak Bola, Bukan Youtuber

Hanif Sjahbandi: Profesi Saya Pesepak Bola, Bukan Youtuber
Hanif Sjahbandi (C) DANI KRISTIAN

Hanif Sjahbandi menekuni profesi baru sebagai Youtuber sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia. Namun, gelandang Arema itu menegaskan tetap ingin fokus sebagai seorang pesepak bola.

Pemain kelahiran Bandung itu membuat channel Youtube bernama Hanif & Rendy Show. Berkolaborasi dengan penyerang Timnas Indonesia U-19, Rendy Juliansyah, Hanif kerap membuat konten video wawancara dengan sejumlah pesepak bola lainnya.

Menurutnya, aktivitas itu dilakukan untuk mengisi masa pandemi covid-19. Sebab, selama pandemi hingga kini pun Liga 1 2020 masih dihentikan sementara waktu.

“Sebenarnya Youtube ini untuk mengisi waktu selama pandemi, agar kita produktif, daripada di rumah tidak ngapa-ngapain. Ketika sepak bola dimulai, otomatis kami pemain sepak bola, bukan Youtuber, saya tetap fokus di sepak bola, soal lanjut atau tidak lihat saja nanti,” kata Hanif.

Banyak Pengalaman dan Pelajaran Saat Menjadi Youtuber

Hanif Sjahbandi mengungkapkan, banyak pengalaman dan pelajaran yang didapatkannya selama bermain Youtube. Yang utama adalah mengenai public speaking yang menunjang aktivitasnya sebagai seorang pemain sepak bola.

Banyak bertemu orang-orang baru juga membuatnya semakin percaya diri dalam berkomunikasi. Termasuk belajar mengenai tata cara berbicara di depan kamera.

“Banyak pelajaran yang saya dapatkan, belajar ngomong di depan kamera, ngomong dengan orang lain, banyak, bertemu dengan orang-orang yang sebelumnya belum pernah ketemu. Beberapa kali saya juga bikin konten di luar sepak bola, banyak ilmu baru yang saya dapatkan,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.