Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persib Bandung vs Arema FC: 3-0

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persib Bandung vs Arema FC
Arema dengan jersey putihnya (C) DANI KRISTIAN

Pertandingan antara Persib Bandung vs Arema tersaji di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Selasa (12/11/2019) sore. Laga tunda pekan ke-21 Liga 1 2019 itu berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Persib.

Jalannya Babak Pertama

Persib membuka peluang di menit kedua lewat aksi Frets Butuan. Tembakan kaki kananya hanya membuat bola jatuh di pelukan kiper Arema, Kartika Ajie.

Semenit kemudian giliran Supardi yang mendapatkan peluang untuk Persib. Namun, bola hasil sepakan kaki kirinya melambung tinggi di atas mistar gawang Arema.

Petaka bagi Arema datang di menit kelima ketika Kim Kurniawan mampu membawa tim tuan rumah unggul 1-0. Meski Jayus Hariono diterjang kaki Francois Kuipers, wasit tak menyatakan pelanggaran. Umpan manis Erwin Ramdani dimanfaatkan Kim dengan tembakan kaki kanan yang meluncur ke pojok kiri bawah gawang Arema. Persib unggul 1-0.

Pada menit 15, giliran Ahmad Jufriyanto yang menambah peluang bagi Persib. Kali ini lewat skema umpan tendangan pojok, bola yang diluncurkan ke muka gawang ditanduknya, namun melebar ke sisi kiri gawang lawan.

Selang tiga menit, Persib kembali nyaris menggandakan keunggulan, andai Erwi dan Kim tak berebut bola hasil umpan panjang dari Omid Nazari. Bola yang dicungkil Erwin malah meninggi ke atas gawang Arema.

Arema mencoba membalas dengan keluar menyerang. Pada menit 22, tendangan bebas Makan Konate sempat membahayakan gawang Persib. Namun, bola sedikit melear ke sisi kiri gawang yang dijaga I Made Wirawan.

Gol kedua Persib ke gawang Arema tercipta di menit 36. Kali ini aksi Omid Nazari yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat menerpa mistar sebelum akhirnya menyentuh bagian dalam garis gawang Arema. Bola sempat muntah kembali ke lapangan dan diceploskan ke gawang lagi oleh Erwin. Namun, yang disahkan wasit adalah gol atas nama Nazari.

Pada menit 38, keunggulan Persib atas Arema bertambah menjadi 3-0. giliran Nazari yang mengirim umpan panjang menawan ke belakang pertahanan lawan. Bola itu tak disia-siakan oleh Frets yang berlari menyongsongnya meski posisinya setengah mendahului pemain terakhir Arema. Sekali gocek, bola disepaknya ke tiang dekat melewati kiper Ajie yang gagal menghalaunya.

Tertinggal 3-0, Arema mencoba memanfaatkan sisa-sia waktu di babak pertama dengan serangan sporadis. Sempat mendapat peluang terakhir melalui kaki Jayus yang melepaskan tembakan kaki kanan. Namun, bola mampu diblok kiper Made dengan cekatan.

Jalannya Babak Kedua

Arema memulai babak kedua dengan pergantian pemain. Takafumi Akahoshi yang mengalami cedera ditarik keluar, digantikan oleh Riky Kayame.

Persib tetap mengambil inisiatif menyerang lebih dulu di awal babak kedua. Sebuah peluang lewat skema tendangan bebas sempat mengancam gawang Arema. Namun, bola tandukan Erwin masih melenceng ke sisi kiri gawang lawan.

Tertinggal tiga gol memaksa Arema keluar menyerang. Kali ini Rifaldi Bawuo mencoba tembakan spekulasi dari luar kota penalti di menit 52. Namun, bola tak mengarah ke gawang Persib.

Pada menit 62, ganti Persib yang mengubah komposisi pemainnya. Gozali Siregar dimasukkan menggantikan Erwin yang tampak kehabisan tenaga.

Selang dua menit, tim pelatih Arema merespon dengan pergantia pemain kedua. Mencoba mempertajam lini depan, Sunarto dimasukkan, sedangkan Ahmad Nur Hardianto yang tak terlalu terlihat permainannya ditarik keluar.

Ancaman dari Arema kembali datang dari Rifaldi di menit 65. Usai menusuk dari rusuk kanan pertahanan Persib, bola disepaknya dengan kaki kanan. Bola melintir mengarah ke pojok kanan atas gawang Made, namun melenceng sedikit ke sisi kanan.

Pada menit 72, Alfin Tuasalamonya yang sering terpancing emosinya dan sudah mengantongi kartu kuning ditarik keluar. Nasir dimasukkan sebagai pemain pengganti.

Rifaldi kembali mendapatkan peluang emas memanfaatkan blunder Ahmad Jufriyanto di depan gawang Persib. Sayang, sepakan kaki kirinya masih mengarah ke pelukan erat Made.

Lewat tendangan bebas, di menit 84, Konate nyaris saja mengubah papan skor. Namun, bola yang sudah diarahkannya dengan baik, masih menerpa mistar gawang Persib.

Peluang Konate itu menjadi peluang terakhir Arema di laga tersebut. Papan skor tak berubah, tetap menunjukkan angka 3-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.