ITC Elias Alderete Masih Menunggu Persetujuan PSSI-nya Argentina

Hasil Pertandingan Arema FC vs Persib Bandung:
Elias Alderete (C) DANI KRISTIAN

Beda cerita dengan Matias Malvino rekan setimnya, ITC (International Transfer Certificate) Elias Alderete belum keluar. Penyerang Arema itu masih harus menunggu kepastian persetujuan dari PSSI-nya Argentina, negara asalnya.

Media Officer Arema, Sudarmaji menjelaskan status Elias saat ini masih waiting ITC delivery. Artinya, ITC si pemain tinggal menunggu konfirmasi dari federasi sepak bola Argentina (Argentine Football Association/AFA), di mana semua proses sudah dijalanikan oleh Arema maupun PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia.

Menurutnya, Elias sudah melewati proses verifikasi data dari PSSI dan lolos, sehingga proses diteruskan pada AFA. Namun, karena status perpindahannya dari klub Argentina, Chacarita adalah pinjaman (loan), maka prosesnya agak lebih panjang dari Matias.

Arema sudah mengajukan nama Elias kepada PSSI dan Transfer Matching System (TMS) FIFA sejak 14 Februari. Karena banyak dokumen yang masih harus dilengkapi, prosesnya tertunda. Apalagi, Sudarmaji memaklumi jika pemain berusia 24 tahun itu belum pernah bermain di klub luar Argentina, sehingga masih belum pengalaman mengurus surat-surat yang dibutuhkan.

“Pada 22 Februari, ada revisi TPO (surat pernyataan tak ada tunggakan gaji dari Chacarita kepada Elias), juga tambahan dokumen lain dari agen pemain. Karena statusnya loan, AFA harus mengonfirmsi status loan itu kepda Chacarita dulu sebelum mengeluarkan ITC,” kata Sudarmaji.

Proses Pengurusan ITC Elias Alderete Sedikit Berbelit

Sudarmaji menyebut proses pengurusan ITC Elias Alderete cukup berbelit dari AFA. Proses ini yang membuat si penyerang belum bisa bermain di laga perdana Arema saat mengalahkan PS TIRA-Persikabo 2-0 di Liga 1 2020, Senin (2/3/2020) malam.

Proses konfirmasi dari AFA baru dijawab oleh Chacarita sehari berikutnya, 28 Februari, di mana mereka membenarkan jika Arema meminjam Elias. Selang sehari, 29 Februari AFA menyampaikan kepada PSSI jika Chacarita menyetujui permohonan loan dari Arema. Lalu, pada 1 Maret, giliran PSSI yang mengonfirmasi kepada AFA untuk status ITC Elias.

“Komunikasi Arema dengan Chacarita terus terjalin. Kami optimistis, dalam satu-dua hari ini ITC-nya keluar. Kami tidak tahu apa masalahnya, yang jelas semua dokumen sudah kami lengkapi, PSSI juga sudah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, tinggal menunggu kabar dari AFA,” tegasnya.