Javier Roca Bangun Mental Skuad Arema dengan Pengalaman Sebagai Pemain

Javier Roca bangun mental skuad Arema jelang laga lawan Persik Kediri di Liga 1 2022-2023 Pekan 10, Sabtu (17/9/2022), pukul 16.00 WIB. Pelatih Arema itu mencoba berbagi pengalamannya sebagai pemain sepak bola.

Sebagai pemain, Roca tercatat memulai karier di Liga Indonesia pada musim 2003 bersama PSMS Medan. Pelatih asal Chile itu gantung sepatu di Persis Solo pada kompetisi musim 2012-2013.

Pengalaman selama 10 tahun di sepak bola Indonesia itu yang menginspirasinya untuk ditularkan kepada para pemain Arema. Harapannya, pengalaman itu bisa berguna, terutama untuk membangun mental pemain pasca kekalahan 1-2 di kandang dari Persib Bandung pekan lalu.

“Saya selalu menilai dengan pengalaman ketika masih menjadi pemain dulu. Pengalaman saya, pemain itu selalu mencari kesenangan saat bermain sepak bola,” kata Roca.

Mental Skuad Arema Diasah Dalam Sesi Latihan

Javier Roca mengasah mental para pemain Arema dalam sesi latihan. Pelatih berusia 45 tahun itu berusaha menyiapkan program latihan semenyenangkan mungkin bagi pemainnya tanpa mengubah tujuan melakoni sesi latihan.

Misalnya, sesi pemanasan dikemasnya dengan menu latihan yang fun atau menyenangkan. Begitu pula maintenance kondisi fisik pun dilakukan tanpa membuat pemainnya sadar jika mereka sedang menjalani sesi latihan fisik yang cenderung menguras tenaga.

“Paling tidak, saya siapkan itu waktu sesi latihan, dengan tujuan tetap taktikal, atau fisikal, tapi merealisasikan dalam game. Ini agar gairah permainan selalu ada. Termasuk mengembalikan mental kompetitif,” pungkasnya.