Jika Liga 1 2020 Tanpa Degradasi, Terget Arema Tak Berubah

Arema Bisa Kalah WO karena Aremania, Kok Bisa?
Rudwan Tawainella (C) DANI KRISTIAN

Jika laga lanjutan Liga 1 2020 tanpa degradasi, manajemen Arema tak brencana mengubah target. Target Arema tak berubah, tetap ingin lolos ke kompetisi antar klub Asia.

Hal itu ditegaskan General Manager Arema, Ruddy Widodo yang menanti keputusan PSSI mengenai kelanjutan kompetisi. Manajer berkaca mata itu masih berambisi Arema kembali bermain di kompetisi antar klub Asia setelah di AFC Cup 2014 silam.

Sebelumnya, memang ada wacana agar Liga 1 2020 dilanjutkan pada September nanti tanpa degradasi. Ruddy mengaku setuju saja dengan usulan tersebut.

“Tanpa degradasi saya pikir tak masalah, toh target kami bukan sekadar tidak terdegradasi, tapi lolos ke ajang antar klub Asia. Saya pikir di lanjutan kompetisi ini kami tetap mengusung target tersebut,” kata Ruddy.

Liga 1 2020 Tanpa Degradasi Tetap Greget

Ruddy Widodo menampik adanya anggapan jika Liga 1 2020 dilanjutkan tanpa ada klub yang terdegradasi akan mengurangi nilai kompetitif. Menurutnya, kompetisi yang berjalan nanti bakal tetap greget.

Pria asal Madiun itu tentu punya alasan tersendiri atas pendapatnya tersebut. Ruddy menyebut, greget kompetisi masih ada lantaran masih ada iming-iming tiket ke kompetisi antar klub Asia buat juara dan runner-up Liga 1 2020.

“Makanya, Arema bakal tetap fight memperjuangkan tiket ke Asia tersebut. Saya pikir, klub-klub lainnya juga bakal demikian,” imbuh manajer berusia 48 tahun itu.

Tujuan Kompetisi Dibuat Tanpa Degradasi

Ruddy Widodo memahami alasan PSSI hendak membuat Liga 1 2020 bebas degradasi. Menurutnya, hal itu untuk mengakomodir klub-klub yang siapa tahu di tengah jalan ada pemainnya yang terkena covid-19 massal.

“Jadi, setiap sebelum pertandingan ada usulan agar tim menjalani rapid test. Kalau misal ada klub yang separuh lebih pemainnya terindikasi covid-19 maka ada dua opsi menyikapi laga tersebut. Klub tersebut kalah WO atau laga diskejul ulang demi proteksi kesehatan. Alasan inilah yang melatarbelakangi usulan tanpa degradasi,” tandasnya.