Jokowi Bilang Liga 1 2021 Bisa dengan Penonton, Ini Sikap Arema

Aremanita Ini Merasa Nyaman Bergoyang di Kandang Bali United
Aremanita Ini Merasa Nyaman Bergoyang di Kandang Bali United

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melempar wacana Liga 1 2021 bisa dengan penonton. General Manager Arema, Ruddy Widodo menyampaikan sikapnya.

Wacana itu disampaikan Jokowi melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali. Wacana tersebut mencuat usai mendengar banyaknya permintaan dari para suporter dan pecinta sepak bola Tanah Air.

Bahkan, perintah untuk melakukan kajian terhadap peluang suporter hadir di tribune stadion meski di tengah pandemi covid-19 sudah diberikan Jokowi. Bisa jadi, hasil kajian itu yang membuat wacana itu bisa dijalankan atau tidak nantinya.

“Kami setuju dengan wacana pertandingan Liga 1 2021 dengan penonton. Memang harus dimulai, dan ada yang memulai. Kalau tidak bisa dilakukan sejak awal liga, ya di pertengahan,” kata Ruddy.

Jokowi Bilang Liga 1 2021 Bisa dengan Penonton, Begini Pesan Arema

Kalau wacana Liga 1 2021 dengan penonton benar-benar bisa diberlakukan, Ruddy Widodo punya pesan untuk PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator. Menurutnya, protokol kesehatan (prokes) tetap jadi prioritas.

Berkaca dari pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang sudah memasuki babak final, pelaksanaan prokes dalam teknis pertandingan sudah berlangsung baik. Ruddy menegaskan hal itu bisa jadi pertimbangan untuk menggelar pertandingan dengan penonton.

“Mungkin bisa dicoba 25-30 persen dari kapasitas stadion dulu misalnya. Jangan lupa diutamakan prokesnya. Ini yang harus dikaji benar-benar,” imbuhnya.

Berdampak ke Permainan Tim dan Pemasukan

Ruddy Widodo menyebut, digelarnya laga dengan penonton akan berdampak positif. Setidaknya, dampak positif itu bakal bisa dirasakan dalam permainan tim dan pemasukan.

“Dampaknya ke pemasukan pasti ada, terutama kalau laga big match yang selama ini bisa menarik penonton. Khusus bagi pemain, pasti mereka lebih senang dengan penonton, walaupun tidak full seperti normalnya. Ibaratnya melawak kalau ada yang nonton, ada yang ketawa kan enak,” tegasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.