Kartika Ajie Butuh Enam Bulan untuk Siap Main Lagi

Kartika Ajie Butuh Enam Bulan untuk Siap Main Lagi
Kartika Ajie (C) DANI KRISTIAN

Kartika Ajie butuh enam bulan untuk siap main lagi di sebuah pertandingan. Hal itu diungkapkan dokter tim Arema, dokter Nanang Tri Wahyudi.

Memang, Ajie sudah mulai kembali berlatih di lapangan pada sesi latihan Arema, Sabtu (13/3/2021). Hanya saja, kiper asal Balikpapan itu harus menjalani program pemulihan cedera ligamen patela bersama sport therapist Arema, David Setiawan.

Sebelum ini, pemain berusia 24 tahun itu cuma menjalani terapi pemulihan di pusat kebugaran. Proses pemulihannya sendiri sudah berlangsung selama enam bulan.

“Kalau untuk siap bermain, Ajie masih perlu waktu sekitar enam bulan lagi. Setelah operasi, program pemulihan cederanya selama 12 bulan, sementara ini masih berjalan enam bulan,” kata dokter Nanang.

Alasan Pemulihan Cedera Kartika Ajie Butuh Enam Bulan Lagi

Dokter Nanang menyebut, khusus kiper program pemulihan cedera agak berbeda dengan pemain di posisi lain. Menurutnya, pemulihan cedera pada penjaga gawang memang lebih lama.

Makanya, pada sesi latihan Sabtu (13/3/2021), Ajie dicoba untuk berlatih materi gerakan yang biasa dilakukan oleh kiper. Program latihan ini untuk mengawali kembalinya Ajie berlatih di atas rumput lapangan.

“Kiper itu banyak melakukan gerakan eksplosif tak terduga, beda dengan pemain biasa. Gerakan kiper yang lebih kompleks itu harus dilatih dalam program pemulihan cederanya,” imbuhnya.

Mengevaluasi Latihan Perdana Kartika Ajie

Dokter Nanang bakal melakukan evaluasi terhadap sesi latihan perdana Kartika Ajie di atas rumput lapangan. Jika tidak ada keluhan lagi, maka program tersebut bisa dilanjutkan lagi di enam bulan kedua pemulihannya.

“Paling cepat pemulihannya antara sembilan bulan hingga 12 bulan. Kalau lancar, mungkin tiga bulan lagi bisa berlatih normal. Kita evaluasi juga hasil latihan pertama ini. Rasa sakit mungkin tidak muncul seketika saat latihan, tapi bisa malam atau keesokan harinya, ini yang kami pantau,” pungkasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.