“Kenapa Liga 1 2020 Tidak Dicoba Diizinkan Saja?”

Titan Agung (C) DANI KRISTIAN

Sebuah pertanyaan meluncur dari General Manager Arema, Ruddy Widodo menyikapi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang tidak mengeluarkan izin lanjutan kompetisi. Menurutnya, kenapa Liga 1 2020 tidak dicoba diizinkan saja?

Toh, 18 klub peserta sudah berkomitmen untuk kembali berkompetisi, sekalipun ditunda sejak gagal digelar pada 1 Oktober lalu. Meski dinilai lebih banyak kerugiannya jika kompetisi dihentikan daripada dilanjutkan, Polri bersikukuh memilih fokus mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember mendatang.

Ruddy sendiri berkeyakinan Liga 1 2020 bakal diputar kembali setelah selesainya gelaran Pilkada Serentak. Meski demikian, manajer berkaca mata itu tetap berharap segera ada kabar baik mengenai kelanjutan kompetisi ini dalam waktu dekat.

“Kenapa tidak dicoba untuk diizinkan dulu, toh semua klub sudah sepakat kalau pertandingannya tanpa penonton. Protokol kesehatan juga diberlakukan secara ketat. Nanti kalau tiba-tiba ada pertandingan yang dihadiri penonton, baru silakan langsung dihentikan sebagai peringatan,” kata Ruddy kepada WEAREMANIA.

Liga 1 2020 Tidak Mengganggu Agenda Politik

Ruddy Widodo menyebut, sebenarnya komunikasi antara penyelenggara kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) degan pihak Polri untuk musim ini sudah lebih komunikatif. Dari hasil pembicaraan yang sempat digelar sebelum liga digulirkan Februari lalu, Liga 1 2020 sama sekali tak mengganggu agenda politik setempat.

Yang diketahuinya, sebelum kompetisi diputar lalu, pihak PT LIB mengundang seluruh pimpinan kepolisian di daerah sesuai dengan homebase 18 klub peserta. Lalu, mereka semua diajak berunding mengenai jadwal agenda politik lokal semasa kompetisi bergulir.

“Musim ini sebenarnya sudah lebih komunikatif ketimbang musim-musim sebelumnya. Operator kompetisi sudah pernah mengundang Kapolres/Kapolresta untuk bertemu. Mereka dimintai jadwal agenda politik di daerah masing-masing. Ini dilakukan agar PT LIB bisa mendapatkan gambaran saat menyusun jadwal Liga 1 2020,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.