Ketua Panpel Arema Disanksi Seumur Hidup Karena Kanjuruhan Disaster 2

- Advertisement -

Ketua Panpel Arema, Abdul Haris, disanksi seumur hidup tak boleh beraktivitas dalam sepak bola Indonesia. Sanksi ini diberikan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI atas terjadinya Kanjuruhan Disaster 2.

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing menyebut pihaknya sudah melakukan sidang setelah melaksanakan investigasi pelaksanaan pertandingan bersama tim PSSI sejak Minggu (2/10/2022). Terjadinya tragedi usai laga Arema vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 Pekan 11, Sabtu (1/10/2022) malam itu, Arema dijatuhi sanksi.

Arema dilarang menggelar laga kandang dengan penonton di Stadion Kanjuruhan, dipindah ke lokasi yang berjarak setidaknya 250 km, dan denda Rp250 juta. Sanksi itu mengacu kepada Pasal 68 huruf (a), juncto Pasal 19, dan juncto Pasal 141 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

“Untuk Abdul Haris, sebagai Ketua Panpel Arema, dia bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pertandingan besar ini. Dia harus jeli, cermat dan bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi,’ kata Erwin.

“Kami melihat dia tidak melaksanakan pertandingan dengan baik, cermat, tidak siap, dan gagal mengantisipasi kerumunan orang datang, padahal punya match steward. Maka, Abdul Haris tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup.”

Kanjuruhan Disaster 2 Juga Bikin Security Officer Arema Disanksi Seumur Hidup

Security Officer Arema, Suko Sutrisno juga dijatuhi sanksi seumur hidup oleh Komdis PSSI pasca investigasi Kanjuruhan Disaster 2. Menurut Erwin, dia dinilai sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas terkuncinya pintu tribune saat peristiwa itu terjadi.

Erwin menyebut, usai terjadinya tembakan gas air mata oleh kepolisian ke arah tribune, banyak suporter yang panik menyelamatkan diri untuk keluar. Namun, pintu tribune yang seharusnya dibuka pada menit 80, sebagian tidak dibuka.

“Kepada Suko Sutrisno, Security Officer Arema, orang yang mengatur keluar masuknya suporter, kami jatuhkan sanksi tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola Indonesia seumur hidup,” pungkasnya.

Sebelumnya, Arema juga sudah dijatuhi sanksi oleh Komdis PSSI gara-gara Kanjuruhan Disaster 2 ini. BACA: Inilah sanksi berlapis yang diberikan Komdis PSSI kepada Arema.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya