Misteri Absennya Adilson Maringa dan Evan Dimas di Laga Arema vs Persib Terpecahkan

Absennya Adilson Maringa dan Evan Dimas di laga Arema vs Persib Bandung di Liga 1 2022-2023 Pekan 9, Minggu (11/9/2022) sempat jadi misteri. Namun, penjelasan pelatih Javier Roca akhirnya menjawab pertanyaan Aremania.

Nama Maringa dan Evan tak ada dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) yang dirilis sesaat sebelum kick off pertandingan. Di posisi kiper Arema memainkan Teguh Amiruddin, sedangkan posisi Evan diisi Gian Zola.

Ketidakhadiran kedua pemain menambah pincang skuad utama Arema di laga ini. Sebelumnya, Roca tak bisa menurunkan Johan Farizi (tapi ada dalam DSP), Bagas Adi, dan Abel Camara dengan alasan yang kompakan, yakni karea cedera.

“Maringa sakit (cedera), adductornya kena. Kalau Evan Dimas, dua hari setelah saya datang (memimpin latihan) dia kena tipes,” kata Roca.

Absennya Adilson Maringa dan Evan Dimas Karena Efek Over Training

Roca membeberkan penyebab absennya Maringa dan Evan tak lepas dari over training yang dilakukan di era kepelatihan Eduardo Almeida. Baginya, ini menjadi pekerjaan rumah (PR) tambahan.

Yang dimaksud over training adalah situasi dan kondisi lelah yang dialami pemain lantaran kebanyakan berlatih dan bertanding. Biasanya, dalam game sepak bola di Playstation indikasinya ditunjukkan melalui diagram stamina dan fatigue yang tidak penuh.

“Pemain cedera dan sakit itu bisa karena over training. Bukan hanya karena latihan di minggu ini, tapi over training dan over bertanding sejak beberapa pertandingan sebelumnya,” imbuh pelatih asal Chile itu.

Pemain Lain Berpotensi Menyusul

Roca menyebut, situasi dan kondisi over training ini berpotensi membuat pemain lain menyusul cedera atau sakit. Pelatih berusia 45 tahun itu kini mencari cara sebagai solusinya.

“Banyak pemain kami yang hampir dalam 40 hari terus latihan dan bertanding non stop,” pungkasnya.

Arema harus menelan kekalahan dari Persib Bandung di kandang sendiri. BACA: Inilah momen-momen menarik dalam laga Arema vs Persib Bandung.