Nilai Subsidi PT LIB yang Ideal Versi Arema

Nilai Subsidi PT LIB yang Ideal Versi Arema
Ruddy Widodo (C) DANI KRISTIAN

Ada wacana penambahan nilai subsidi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk dipakai klub-klub dalam lanjutan Liga 1 2020 mendatang. Lalu, berapa nilai subsidi PT LIB yang ideal versi Arema?

Sebenarnya, PT LIB sudah menaikkan subsidi untuk klub-klub Liga 1 2020 dari Rp500 juta ke Rp800 juta. Namun, ada wacana klub-klub angkat suara agar subsidi itu dinaikkan lagi menjadi Rp1 miliar, bahkan Rp1,5 miliar.

General Manager Arema, Ruddy Widodo menyebut, berapa pun nilainya, subsidi itu pasti kurang. Sebab, di masa pandemi covid-19 ini klub tak punya pemasukan tetap, apalagi laga digelar tanpa penonton.

“Bagi Arema, nilai subsidi yang layak ya mungkin Rp1 miliar sampai Rp1,25 miliar. Kalau bicara kebutuhan di sepak bola, mungkin nilai segitu tidak akan cukup. Ada yang bilang sepak bola itu naga mangap, jadi berapa pun habis, berapa pun pasti kurang. Namun, mungkin segitu cukup lah. Mudah-mudahan di angka itu PT LIB mampu,” kata Ruddy.

Nilai Subsidi PT LIB Tergantung Kemampuan

Ruddy Widodo mengatakan, klub-klub boleh saja menyebut angka subsidi yang mereka inginkan. Namun, yang terpenting mereka harus mengetahui seberapa kemampuan PT LIB.

Menurutnya, PT LIB harus pintar-pintar menggandeng pihak ketiga untuk menyeponsori Liga 1 2020. Manajer asal Madiun itu menilai, di masa pandemi seperti sekarang ini mencari sponsor susah-susah gampang.

“Disebut susah ya tidak, nyatanya ada saja yang mau menyeponsori. Dibilang gampang juga tidak, karena banyak pihak yang prihatin,” imbuhnya.

Memaklumi Kemampuan PT LIB

Ruddy Widodo tak berencana protes jika memang PT LIB mampunya cuma memberikan subsidi di angka Rp800 juta. Menurutnya, manajemen Arema bakal memaklumi hal tersebut.

“Sebenarnya, subsidi ini kan sudah naik separuh lebih dari Rp500 juta ke Rp800 juta. Apa itu kurang? Memang kurang, tapi kita juga harus melihat kemampuan PT LIB. Kalau kemampuanya segitu ya tidak masalah. Siapa tahu di putaran kedua sponsor bertambah, subsidi juga ditambah,” tegasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.