Oh In-kyun Dinilai Masih Mumpuni Bermain 1-2 Tahun Lagi

Oh In-kyun Dinilai Masih Mumpuni Bermain 1-2 Tahun Lagi
Oh In-kyun (C) DANI KRISTIAN

Oh In-kyun dinilai masih mumpuni untuk bermain 1-2 tahun lagi. Hal itu disampaikan Asisten Pelatih Arema, Charis Yulianto menanggapi keputusan si gelandang asal Korea Selatan yang mempertimbangkan untuk gantung sepatu.

Sebelumnya, melalui akun Instagram pribadinya, In-kyun mengisyaratkan bakal pensiun di usia 35 tahun setelah tak mencapai kata sepakat soal rekontrak dengan Arema. Eks pemain Persib Bandung dan Persipura Jayapura itu beralasan ingin fokus memikirkan kehidupan kedua pasca menikah.

Charis mengaku menghargai dan tak bisa mencegah rencana yang dimiliki In-kyun. Pemilik jersey bernomor punggung 7 itu diyakini sudah berpikir masak-masak sebelum mengambil keputusan.

“Bagi saya (pensiun) itu hak seorang In-kyun. Kalau menurut saya, secara kondisi fisik maupun kualitas sebenarnya masih mumpuni bermain 1-2 tahun lagi. Tentunya In-kyun sudah punya pertimbangan yang matang untuk memutuskan gantung sepatu,” ujar Charis kepada WEAREMANIA.

Oh In-kyun Dinilai Sudah Menyiapkan Diri Sebelum Pensiun

Charis Yulianto menyebut, mau pensiun di usia berapa pun itu tergantung kondisi masing-masing pemain. Semua pemain pasti sudah punya rencana masing-masing, termasuk Oh In-kyun yang hendak pensiun di usia 35 tahun.

Bagis Charis yang pensiun di Arema pada umur 34 tahun, usia sebenarnya bukan menjadi patokan utama. Dicontohkannya, Ismed Sofyan yang masih aktif bermain hingga usia 40 tahun saat ini.

“Yang jelas, sebelum pensiun harus siap secara mental, dan planing. Artinya sudah siap meninggalkan dunia sepak bola dan mempersiapkan diri ke depannya mau beralih profesi sebagai pelatih atau pekerjaan yang lain,” imbuhnya.

Oh In-kyun Cocok Jadi Pelatih

Charis Yulianto menyarankan Oh In-kyun untuk tetap bergelut di dunia sepak bola meski memutuskan pensiun. Menurutnya, profesi sebagai pelatih sepak bola cocok untuk pemain yang pernah berkarier di Liga Rusia tersebut.

“Cocok-cocok saja dia jadi pelatih, karena dia sudah lama bermain dan tentunya sedikit-banyak sidah tahu ilmu kepelatihan,” tegasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.