Pelatih Arema Bicara Pentingnya Recovery Mental Untuk Pemainnya

Pelatih Arema, Javier Roca bicara pentingnya recovery mental untuk pemainnya pasca berakhirnya putaran pertama Liga 1 2022-2023. Menurutnya, hal tersebut tak kalah pentingnya dari recovery fisik.

Saat ini para penggawa Singo Edan tengah menjalani libur Natal dan Tahun Baru yang diberikan Roca dan manajemen klub. Setidaknya ada waktu 10 hari bagi mereka untuk tidak berlatih bersama tim secara reguler.

Menurut Roca, kesempatan libur itu harus dimanfaatkan Johan Farizi dan kawan-kawan untuk recovery. Bukan cuma secara fisik, tapi secara mental juga.

“Sebenarnya, selain recovery fisik, bagi pemain recovery secara mental itu jelas penting. Salah satunya dengan melupakan sejenak dunia sepak bola,” kata Roca kepada WEAREMANIA.

Pelatih Arema Bicara Pentingnya Recovery, Latihan Individu Tetap Jalan Terus

Meski menyarankan pemainnya untuk menjalani recovery fisik dan mental, Javier Roca tetap berpesan kepada para pemain Arema untuk tidak melupakan latihan individu. Mereka pun sudah mendapatkan Pekerjaan Rumah (PR) masing-masing.

Para pemain Arema diliburkan setidaknya sampai 2 Jabuari 2023 mendatang. Saat berlatih kembali, Roca berharap berat badan para pemainnya tetap terjaga ideal.

“Tentu saja ada pekerjaan rumah untuk pemain, saya berikan materi latihan individu untuk mereka agar bisa menjaga kondisi ketika liburan,” pungkas pelatih berusia 45 tahun tersebut.