Pelatih Arema Waspadai Jadwal Padat Lanjutan Liga 1 2022-2023 Putaran Pertama

Pelatih Arema, Javier Roca waspadai jadwal padat lanjutan Liga 1 2022-2023 di sisa putaran pertama. Hal itu tak lepas dari jarak antar pertandingan yang hanya 3-4 hari.

Untungnya, seluruh sisa laga di putaran pertama ini digelar dengan sistem bubble to bubble alias terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Setidaknya ada enam pertandingan yang harus dijalani Arema dalam waktu satu bulan.

Jarak antar pertandingan yang tergolong kurang ideal secara recovery untuk pemain itu bisa diakali tim pelatih tiap klub lantaran kompetisi tak digelar home-away. Artinya, mereka tak harus menempuh perjalanan jauh dari kandang sendiri ke kandang lawan Pulang Pergi.

“Jangan terlalu banyak berharap dengan pertandingan yang kedua, ketiga, keempat, yang jaraknya terlalu dekat. Recovery pemain kurang, apalagi pemain kita kan bukan pemain yang sedari kecil dipersiapkan untuk menghadapi jadwal seperti di Eropa, Minggu-Rabu-Minggu-Rabu,” kata Roca.

Jadwal Padat Lanjutan Liga 1 2022-2023 Putaran Pertama Sudah Pernah Dirasakan Musim Lalu

Javier Roca menegaskan, seharusnya pemain Arema tidak kaget dengan padatnya jadwal pertandingan di sisa putaran pertama ini. Sebab, jadwal seperti itu sudah pernah mereka rasakan di Liga 1 2021-2022 lalu yang juga digelar terpusat.

Hal inilah yang membuat pelatih asal Chile itu tak khawatir dengan proses adaptasi anak asuhnya. Menurutnya, mereka bakal cepat beradaptasi dengan jadwal yang akan dijalani.

“Musim lalu kan juga seperti ini (dengan sisten bubble to bubble). Jadi, ada keuntungannya juga buat pemain,” pungkasnya.