Pemain Arema Tumbangkan Dewa United Dengan Luka di Jiwa

Pelatih Javier Roca menyebut pemain Arema tumbangkan Dewa United di Liga 1 2022-2023 Pekan 12, Rabu (7/12/2022) sore dengan luka di Jiwa. Laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo itu berakhir 2-0 untuk skuad Singo Edan.

Roca mengaku tak bisa melihat ke dalam jalan pikiran dan hati para penggawa Arema. Namun, dari apa yang dirasakannya dari luar, profesionalitas Johan Farizi dan kawan-kawan tidak diragukannya.

Hasilnya, dua gol mampu dilesakkan Arema, satu di babak pertama dan satu lagi di babak kedua. Gol pertama dibuat Rizky Dwi dari eksekusi penalti, sedangkan gol kedua dibuat Evan Dimas dengan tandukan kepala.

“Pemain masuk lapangan bukan dengan perasaan yang tidak sedih, bukan dengan rasa yang tidak ingat, atau lupa ingatan tentang semua yang terjadi,” kata Roca dalam sesi jumpa pers usai laga.

“Meski begitu, secara profesional mereka fokus 90 menit untuk melakukan tugas sesuai dengan kontrak mereka, sesuai perjanjian antara kita, pemain dan pelatih, untuk benar-benar bangkit.”

Pemain Arema Tumbangkan Dewa United Dengan Mental yang Tak Bermasalah

Sikap profesional pemain Arema dalam laga melawan Dewa United itu pula yang membuat mental mereka tampak baik-baik saja. Javier Roca mengacungkan jempol untuk mengapresiasi sikap tersebut.

Baginya, profesional adalah tetap fokus di lapangan selama pertandingan mengesampingkan segala apa yang ada dalam perasakan dan pikiran. Setelah keluar dari lapangan, baru Roca mempersilakan mereka kembali ke realita kehidupan masing-masing.

“Secara mental dalam 90 menit mereka baik, setelah itu mau mereka di kamar ada yang merasa sedih, ada yang bersyukur, itu masing-masing. Di luar itu, apa yang saya lihat dalam 90 menit mereka sangat profesional,” tandasnya.