Pesan Dokter Tim untuk Dua Pemain Arema yang Dipanggil Timnas

Pesan Dokter Tim untuk Dua Pemain Arema yang Dipanggil Timnas
Kushedya Hari Yudo (C) DANI KRISTIAN

Dua pemain Arema yang dipanggil Timnas Indonesia, Muhammad Rafli dan Kushedya Hari Yudo mendapatkan pesan khusus dari dokter tim, Nanang Tri Wahyudi. Pesan itu diberikan lantaran keduanya baru saja pulih dari cedera.

Rafli sudah pulih terlebih dahulu dari cedera bantalan sendi yang memaksanya absen kurang lebih enam pekan. Cedera itu didapatnya saat menjalani laga uji coba melawan Bali United bersama Timnas Indonesia lalu.

Sementara, Yudo baru pulih cedera dan menjalani sesi latihan normal bersama Arema mulai pekan lalu. Sebelumnya, penyerang asli Malang itu mengalami cedera otot paha pada matchday terakhir Grup A Piala Menpora 2021 melawan PSIS Semarang.

“Begitu mendengar Rafli dan Yudo dipanggil pemusatan latihan Timnas, saya langsung menghubungi kedua pemain. Saya berpesan kepada mereka agar bisa menjaga diri, mengatur intensitas latihan sendiri, jangan sampai terlalu diforsir mengikuti maunya pelatih,” kata dokter Nanang.

Dua Pemain Arema yang Dipanggil Timnas Diminta Lebih Pintar

Dokter Nanang juga meminta Rafli dan Yudo lebih pintar dalam mengukur kemampuannya sendiri. Menurutnya, lebih baik mengontrol intensitas dan volume latihan, tanpa mengurangi atau menolak porsi yang diberikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pesan tersebut disampaikannya karena berhubungan dengan kondisi Rafli dan Yudo yang baru pulih dari cedera. Namun secara medis, menurutnya, kondisi kedua pemain tersebut sudah siap mengikuti program latihan Timnas.

“Misalnya di latihan naik-turun tangga, mereka bisa mengatur kecepatan, tidak mengikuti ritme pemain lain yang tidak ada keluhan cedera. Mereka juga lebih pintar menjaga diri, karena mereka yang merasakan sendiri cedera itu,” imbuh dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

Sama-sama Punya Risiko Kambuh Cederanya

Menurut dokter Nanang, baik Rafli maupun Yudo sama-sama punya risiko kambuh cederanya. Karenanya, tidak ada salahnya mereka menjaga diri demi meminimalisir risiko tersebut.

“Namanya pernah cedera, pasti ada risiko kambuh lagi. Makanya, harus pandai menjaga kondisinya agar tidak terlalu over training. Saya juga sudah berkoordinasi dengan dokter Timnas menyampaikan kondisi terbaru Rafli dan Yudo,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.