Polda Jawa Timur Bantu Proses Ekshumasi dan Autopsi Korban Kanjuruhan Disaster 2

Polda Jawa Timur bantu proses ekshumasi dan autopsi korban Kanjuruhan Disaster 2 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Wajak, Kabupaten Malang, Sabtu (5/11/2022) pagi. Bantuan itu berupa tenaga pengamanan dan peralatan.

Proses autopsi dimulai sekira pukul 08.15 WIB secara tertutup dalam sebuah tenda. Hanya petugas, keluarga, dan orang-orang tertentu saja.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto menjelaskan, kehadiran pihaknya sesuai dengan instruksi Kapolda Jatim, Irjenp Pol dr. Toni Hermanto. Timnya memang sengaja diperbantukan untuk menyukseskan prosesi autopsi.

“Polda Jatim melakukan langkah-langkah. Pertama, kita melakukan langkah koordinasi yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu. Harapan kita pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan aman dan lancar,” kata Dirmanto.

Bantuan Sarana untuk Autopsi Korban Kanjuruhan Disaster 2

Dirmanto menambahkan, Polda Jatim memberikan bantuan sarana untuk proses autopsi ini. Selain itu, pihaknya juga membantu menyediakan pasukan pengamanan.

Kabarnya, pengamanan untuk autopsi ini berjumlah 250 personel. Mereka tersebar di sejumlah titik di sekeliling pemakaman.

“Kami juga bantu menyiapkan kegiatan dengan sistem pengamanan di sini. Kami juga membantu sarana-sarana yang diperlukan oleh tim dari Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) wilayah Jatim,” imbuhnya.

“Mohon doanya. kami juga terus mengucapkan turut berduka cita yang mendalam terhadap tragedi ini. Mudah-midahan semua korban tragedi ini khusnul khotimah.”