Sebelum Ditunda, Ada Jaminan dari Suporter Persib

Hasil Kesepakatan Klub Liga 1 2019 dengan PT LIB
General Manager Arema Ruddy Widodo (C) DANI KRISTIAN

Sebelum laga Persib Bandung vs Arema di pekan ke-21 Liga 1 2019 resmi ditunda, sempat ada jaminan dari suporter Persib, Bobotoh. Hal itu didengar General Manager Arema, Ruddy Widodo dari Direktur Persib, Teddy Tjahjono.

Ruddy memang mendengar kabar ditundanya laga tersebut setelah menjalin komunikasi dengan Teddy, Kamis (26/9/2019) siang. Darinya, manajer berkaca mata itu mendengar bahwa Polres Bandung belum menerbitkan izin pertandingan karena aparat kepolisian masih terfokus pada demo di Jakarta.

Menurut Teddy, sempat ada upaya dari pihak Bobotoh untuk memberikan jaminan agar laga tetap digelar Sabtu (28/9/2019) sore di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Mereka berani menjamin bahwa laga akan berjalan kondusif agar izin dari kepolisian segera terbit.

“Bobotoh kabarnya juga tak akan melakukan teror pada tim Arema. Bahkan, kata Pak Teddy mereka berjanji siap menjemput tim Arema di bandara, mengawal hingga ke hotel tempat kami menginap, melakukan penjagaan di hotel, dan menjaga kondusivitas keamanan stadion selama pertandingan,” kata Ruddy.

Upaya Bobotoh Tetap Gagal

Upaya yang dilakukan suporter Persib untuk memberikan jaminan kepada pihak kepolisian ternyata gagal. PT Liga Indonesia Baru tetap menunda laga Persib vs Arema sesuai arahan dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat.

Ruddy mengapresiasi upaya yang dilakukan Bobotoh tersebut. Namun, pihaknya tetap respek pada keputusan yang sudah diambil untuk menunda laga ini.

“Kalau mendengar pernyataan pihak Persib ini sebenarnya kan cukup kondusif. Tapi mungkin pihak kepolisian punya pertimbangan lain. Apalagi letak Bandung yang dekat dengan lokasi demo di Jakarta,” tegas manajer asal Madiun tersebut.