Sekolah Lagi, Singgih Pitono Bakal Tinggalkan Arema

Sekolah Lagi, Singgih Pitono Bakal Tinggalkan Arema
Singgih Pitono (C) DANI KRISTIAN

Singgih Pitono bakal tinggalkan Arema untuk sementara waktu. Asisten pelatih Arema itu rencananya akan sekolah lagi, mengambil kursus kepelatihan lisensi B AFC.

Pelatih asal Tulungagung itu dijadwalkan mengikuti kursus yang diadakan PSSI di Kota Batu, 14-28 Oktober 2019. Praktis, Singgih harus meninggalkan tugas kesehariannya dalam sesi latihan Arema membantu pelatih kepala, Milomir Seslija selama 14 hari.

Seharusnya, Singgih sudah menjalani kursus kepelatihan level B AFC ini tahun lalu. Karena ada kendala teknis, maka keinginannya ‘naik pangkat’ harus tertunda hingga tahun ini.

“Kalau harus meninggalkan tim, saya pikir tidak ada masalah, karena di Arema masih ada Siswantoro dan Kuncoro sebagai asisten pelatih. Apalagi ini keinginan saya yang tertunda sejak tahun lalu, mudah-mudahan kali ini berjalan lancar,” kata Singgih.

Karena Patuh pada Regulasi

Kursus kepelatihan itu diambil Singgih Pitono bukannya tanpa alasan. Pelatih 52 tahun itu mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC ini demi kepatuhannya pada regulasi yang diterapkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk kompetisi Liga 1.

Lisensi C AFC yang didapatkannya beberapa tahun lalu dinilai masih belum cukup memenuhi syarat menjadi asisten pelatih klub di Liga 1. Kewajiban memiliki lisensi kepelatihan B AFC yang memaksanya maju.

“Harapannya saya dapat memenuhi regulasi tersebut, karena menjadi seorang asisten pelatih di Liga 1 saat ini minimal B AFC. Kalau kita sudah memutuskan hidup di sepak bola, mau tak mau harus mengikuti, hukumnya wajib,” imbuh striker legendaris Arema era Galatama ini.

Usia Bukan Alasan

Singgih Pitono sempat khawatir mengenai usianya yang dianggapnya sudah bukan waktunya lagi untuk berpikir. Namun, kekhawatiran itu segera ditepisnya dengan memotivasi diri sendiri.

“Walaupun saya bukan usianya lagi untuk berpikir, karena usia sudah kepala lima, bukan usia yang produktif, tapi itu bukan alasan. Mudah-mudahan kali ini lancar,” pungkas top skor Arema sepanjang masa tersebut.