Setelah 5 Kali Berturut-turut, Arema Tak Lolos AFC Club Licensing 2022

- Advertisement -

Kali ini Arema tak lolos AFC Club Licensing 2022 untuk pertama kalinya setelah lima periode terakhir yang dijalani. Padahal, sebelumnya Arema berhasil mengantongi lisensi klub profesional versi AFC tersebut lima kali berturut-turut.

Lisensi klub profesional itu diraih Arema sejak tahun 2017, 2018, 2019, 2020, hingga 2021. Pendaftaran biasanya dilakukan di akhir tahun, dan diumumkan pada awal hingga pertengahan tahun berikutnya.

General Manager Arema, Yusrinal Fitriandi mengaku mengetahui keputusan itu dari rapat Komite Lisensi Klub PSSI, Rabu (17/5/2023) lalu. Dari lima aspek yang harus dipenuhi, Arema tak memenuhi aspek infrastruktur atau stadion homebase.

“Maklum saja, pendaftaran dilakukan setelah adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan yang biasa kita daftarkan sebagai homebase. Pada waktu itu, kami tidak memasukkannya dalam aspek infrastruktur,” kata Inal, sapaan akrabnya.

Arema Tak Lolos AFC Club Licensing 2022 Meski Memasukkan Stadion Kanjuruhan Sebagai Homebase

Inal menambahkan, meski pada waktu pendaftaran lalu Arema memasukkan Stadion Kanjuruhan sebagai homebase, tetap saja tak lolos. Ada alasan tersendiri atas ketidakyakinan pihak manajemen klub tersebut.

“Misal, pada waktu itu kami memasukkan Stadion Kanjuruhan pun, yang pertama secara infrastruktur sudah dinilai tidak ideal, karena pasca kejadian ada standar baru yang ditetapkan dari instansi terkait pada waktu itu,” imbuh mantan Manager Bisnis dan Marketing Arema itu.

“Kalaupun kami daftarkan Stadion Kanjuruhan sebagai homebase waktu itu Arema juga gak bisa bermain di sana.”

Optimistis Lolos di Tahun Berikutnya

Inal optimistis Arema bisa lolos AFC club licensing di tahun berikutnya dengan memenuhi aspek infrastruktur. Persiapannya biasanya dilakukan sejak pertengahan tahun nanti.

“InsyaAllah di AFC klub licensing selanjutnya kami bisa memasukkan Stadion Gajayana untuk didaftarkan sebagai homebase,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya