Tak Ada Tim yang Bisa Menunjukkan Kualitas Sesungguhnya di Awal Kompetisi

Pelatih Arema, Eduardo Almeida menegaskan, tak ada tim yang bisa menunjukkan kualitas sesungguhnya di awal kompetisi. Begitu pula yang diprediksinya di Liga 1 2022-2023 mendatang.

Hal yang sama sudah pernah diungkapkannya di awal Liga 1 musim lalu. Terbukti, di awal-awal kompetisi banyak tim yang tampil terseok-seok. Tak terkecuali dengan Arema, bahkan Bali United yang akhirnya menjadi juara juga mengalami hal yang sama.

Musim yang baru ini, menurutnya kompetisi akan berjalan tak jauh berbeda di awal-awal. Sebab, tak sedikit tim yang mengganti pelatih kepala dan komposisi pemainnya.

“Seperti yang saya bilang di musim sebelumnya, ketika kompetisi dimulai kita baru memulai ide sesungguhnya untuk tim. Tentunya, seperti umumnya, hanya setelah lima sampai enam laga tim dapat menunjukkan potensi mereka yang sesungguhnya,” kata Almeida.

Menunjukkan Kualitas Sesungguhnya di Awal Kompetisi Juga Tak Bisa Dilakukan Tim-tim Eropa

Eduardo Almeida coba membandingkan klub-klub Liga 1 dengan tim-tim yang bermain di kompetisi Benua Eropa. Baginya sama saja, karena di Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, dan liga-liga lainnya juga demikian.

Menurutnya, kebanyakan tim pelatih di lima-enam laga awal berupaya menganalisa kekuatan timnya, dan menakar kekuatan lawan dari video rekaman. Seiring berjalannya waktu, mereka melewati fase adaptasi, dan terus meningkatkan kemampuan dalam fisik, teknik, taktik, dan terutama mental.

“Jadi, tidak bisa langsung terlihat kemampuan sesungguhnya tim tersebut. Di Indonesia dan Eropa, bahkan belahan dunia lainnya sama saja. Di awal semua tim saling bersaing. Baru setelah lima-enam laga akan terlihat ada perbedaan. Ada yang tadinya start tidak bagus, tapi akhinya bisa melesat di klasemen,” tegasnya.

Eduardo Almeida memanfaatkan pramusim sebagai ajang pemanasan untuk kompetisi sesungguhnya. BACA: Inilah target Arema sesungguhnya di turnamen pramusim 2022.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.