Tak Berniat Memprovokasi, Alfin Tuasalamony Minta Maaf

Tak Berniat Memprovokasi, Alfin Tuasalamony Minta Maaf
Alfin Tuasalamony (C) DANI KRISTIAN

Alfin Tuasalamony heran dirinya dinilai memprovokasi suporter tuan rumah saat Arema kalah 0-2 di kandang Persib Bandung pada laga tunda pekan ke-21 Liga 1 2019, Selasa (12/11/2019) sore. Meski tak berniat memprovokasi, bek sayap Arema itu minta maaf.

Beberapa kali pelanggaran keras yang dilakukannya terhadap pemain Persib direspon dengan teriakan dan makian dari tribun suporter Persib. Pemain asal Maluku itu berkilah apa yang dilakukannya adalah reaksi terhadap buruknya kinerja wasit Dwi Susilo yang memimpin pertandingan tersebut.

Dari segi permainan menurutnya sebenarnya kedua tim bermain bagus yang menjadikan laga berlangsung menarik. Namun, menurutnya kepemimpinan wasit merusak permainan bagus yang ditampilkan Arema dan Persib.

“Saya minta kepada semuanya atas perbutaan yang dianggap memprovokasi suporter, saya tak bermaksud melakukannya. Ini pertandingan besar antara dua tim besar, sudah berlangsung menari, tapi wasit merusaknya. Seperti gol pertama, seharusnya itu bola fair play, karena ada pelanggaran, tapi terus saja,” kata Alfin dalam sesi jumpa pers usai laga.

Kehilangan Konsentrasi

Gol pertama Persib yang menurut Alfin Tuasalamony berbau tidak fair itu dibuat oleh Kim Kurniawan di awal babak pertama. Situasinya saat itu gelandang Arema, Jayus Hariono dilanggar lebih dahulu oleh Nick Kuipers, namun tak ada keputusan pelanggaran dari wasit Dwi.

Puncaknya, ketika Rifaldi Bawuo dijatuhkan, yang lagi-lagi tak ada peluit wasit tanda pelanggaran, ganti Afin yang melakukan pelanggaran keras hingga berbuah kartu kuning di menit 58. Pelatih Arema, Milomir Seslija yang menilai Alfin sudah kehilangan fokus kemudian menariknya keluar di menit 72, digantikan oleh Nasir.

“Seharusnya wasit tidak seperti itu, keputusannya yang tidak benar membuat kami tidak konsen dalam bermain. Kami hancur mental di babak pertama, tapi kami tidak bermain jelek. Buktinya kami juga tidak kalah peluang, hanya kurang beruntung saja,” tegasnya.