Teguh Amiruddin Kebobolan Dua Gol Tetap Dipuji

Teguh Amiruddin Kebobolan Dua Gol Tetap Dipuji
Teguh Amiruddin (C) DANI KRISTIAN

Teguh Amiruddin kebobolan dua gol saat Arema kalah 1-2 dari Persib Bandung di pekan kedua Liga 1 2020 lalu. Namun, Pelatih Kiper Arema, Felipe Americo tetap memberikan pujian untuknya.

Pada dua laga yang sudah dijalani Arema di pentas Liga 1 2020, Felipe terus memercayai Teguh di bawah mistar gawang Arema. Sejatinya, kepercayaan Felipe sempat dibalas kiper asli Malang itu dengan penampilan bagus bonus cleansheet saat Arema menang 2-0 di kandang PS TIRA-Persikabo.

Saat Arema kalah dari Persib pun, Tegus sempat menepis tendangan penalti Castillion. Sayang, kemudian gawangnya kebobolan dua gol oleh gol bunuh diri Syaiful Indra dan gol penalti Wander Luiz, yang juga sempat dibaca arahnya dengan baik.

“Pertandingan pertama Teguh bagus, dia mencatatkan cleansheet. Mungkin bagi orang lain cleansheet itu bagus, tapi kalau saya pribadi lebih penting Arema menang daripada sekadar cleansheet. Saat skor 0-0 memang kiper cleansheet, tapi hasilnya imbang. Lebih baik menang 2-1 atau 3-2, tidak cleansheet tidak masalah, yang penting menang,” kata Felipe.

Teguh Amiruddin Kebobolan Dua Gol Sudah Dievaluasi

Penampilan Teguh yang menurun saat Arema melawan Persib Bandung sudah dievaluasi oleh Felipe Americo. Pelatih kiper asal Brasil itu mengakui penampilan itu masih bisa ditingkatkan lagi.

Felipa tak memungkiri jika dalam dua laga yang dijalaninya Teguh sudah melakukan sejumlah penyelamatan penting. Namun, sebagai pelatih kiper, bukan cuma aspek itu saja yang dilihatnya sebagai bahan evaluasi.

“Penampilan Teguh bagus, meski belum sempurna. Saya tidak melihat penyelamatannya saja, tapi ada banyak aspek, termasuk posisi. Agar bisa melakukan penyelamatan tentu seorang kiper harus punya posisi yang bagus. Sudah saya evaluasi setelah melihat keseluruhan penampilannya di lapangan,” imbuhnya.

Tak Ada Jaminan Inti untuk Teguh Amiruddin

Felipe Americo menegaskan, meski Teguh Amiruddin tampil bagus, tak ada jaminan posisi inti untuknya. Menurutnya, semua kiper Arema harus siap ketika akan dimainkan.

“Meskipun Teguh bermain bagus, selalu saya benahi kesalahan-kesalahan dia dalam latihan. Semua kiper punya catatan dari saya, mereka juga ada perkembangan. Semua kiper Arema harus siap, ketika Teguh tidak bisa bermain, (Kartika) Ajie, Ciko (Andryas Francisco) harus siap, sementara Utam (Rusdiyana) sedang cedera,” tegasnya.