Teguh Amiruddin: Kiper PSG Bagus, Kiper Bayern Munchen Lebih Kelas

Teguh Amiruddin: Kiper PSG Bagus, Kiper Bayern Munchen Lebih Kelas
Teguh Amiruddin (C) AKAIBARA

Laga final Liga Champions 2020 yang mempertemukan Paris Saint Germain (PSG) vs Bayern Munchen, Senin (24/8/2020) dini hari WIB menjadi pentas adu ketangguhan kiper kedua tim. Kiper Arema, Teguh Amiruddin menilai kiper PSG bagus, tetapi kiper Bayern Munchen lebih kelas.

Dalam Daftar Susunan Pemain (DSP), pelatih PSG, Thomas Tuchel menurunkan Keylor Navas di bawah mistar gawang. Sementara, Manuel Neuer menjadi kiper andalan pelatih Hans-Dieter Flick di kubu Bayern Munchen.

Skor 1-0 yang mengantarkan Bayern Munchen sebagai juara UEFA Champions League (UCL) musim ini menjadi bukti ketangguhan Navas maupun Neuer sebagai penjaga gawang. Teguh menilai kedua penjaga gawang itu sama-sama tampil bagus di partai puncak.

“Kedua kiper sama-sama tampil bagus. Kiper PSG bagus, tapi Neuer tampil lebih kelas,” ungkap Teguh kepada WEAREMANIA.

Alasan Menyebut Kiper Bayern Munchen Lebih Kelas

Pada partai final antara PSG vs Bayern Mnchen, Manuel Neuer setidaknya melakukan tiga penyelamatan tenting di depan gawang timnya. Itulah yang membuat Teguh Amiruddin menyebutnya lebih kelas ketimbang Keylor Navas.

Menurutnya, cuma kiper yang punya pengalaman luar biasa yang bisa melakukan penyelamatan-penyelamatan penting di laga krusial seperti laga final. Teguh menyebut, tak cukup faktor usia atau senioritas yang membuat seorang kiper disebut kiper berpengalaman.

“Pengalamannya yang membuatnya bisa melakukan penyelamatan (tak terduga) seperti itu. Kalau tekniknya mungkin bisa dilatih dan dipelajari, tapi kalau tidak punya pengalaman ya percuma. Tidak sembarang kiper senior juga bisa melakukannya,” pungkas pemilik jersey bernomor punggung 23 itu.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.