Tim Arema Berangkat ke Makassar, Kuncoro Justru ke Jakarta

Tim Arema berangkat ke Makassar untuk menjalani laga melawan PSM Makassar di lanjutan Liga 1 2022-2023, Sabtu (20/8/2022), pukul 16.00 WIB. Namun, Asisten Pelatih Arema, Kuncoro justru ke Jakarta.

Pelatih asli Kabupaten Malang itu harus absen mendampingi tim untuk kesekian kalinya lantaran harus menjalani kursus kepelatihan lisensi A AFC. Kebetulan kali ini ini Kuncoro harus menyelesaikan modul 3 atau yang terakhir.

Sebelumnya, Kuncoro sudah menjalani modul 1 dan modul 2 dan juga sempat absen mendampingi tim selama beberapa laga. Kuncoro harus meninggalkan tim setidaknya untuk dua pekan ke depan.

“Saya tidak ikut ke Makassar, karena harus menjalani modul 3 kursus lisensi A AFC di Jakarta. Jadi, saya absen lagi mendampingi tim,” kata Kuncoro.

Alasan Kuncoro Justru ke Jakarta untuk Ambil Lisensi A AFC

Ada alasan khusus di balik niatan Kuncoro meningkatkan lisensi kepelatihannya menjadi A AFC. Sebelumnya, pelatih berusia 49 tahun itu cuma mengantongi lisensi B AFC.

Legenda hidup Arema era Galatama itu tak cuma berniat memperdalam ilmu kepelatihannya semata dengan ikut kursus ini. Ada satu alasan yang lebih mendesak yang memaksanya mau tak mau harus ‘sekolah’ lagi.

“Niatnya pertama saya ingin menambah ilmu baru di kepelatihan sepak bola. Kedua ya tuntutan regulasi yang mengharuskan asisten pelatih minimal punya A AFC. Lisensi saya kan masih B AFC, jadi harus kursus lagi untuk memenuhi kriteria regulasi dan duduk di bench,” pungkasnya.