Trauma Healing untuk Korban Kanjuruhan Disaster 2, Sutiaji Gandeng Perguruan Tinggi Kota Malang

- Advertisement -

Trauma healing untuk korban Kanjuruhan Disaster 2 juga menjadi perhatian Pemerintah Kota Malang. Sang Walikota, Sutiaji menggandeng perguruan tinggi di wilayahnya untuk pelayanan trauma healing tersebut.

Tragedi ini terjadi setelah laga Arema vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 Pekan 11, Sabtu (1/10/2022) malam. Bukan cuma korban jiwa 132 orang dan raturan lainnya yang luka-luka, tak sedikit korban yang terguncang psikisnya.

Inilah yang kemudian membuat trauma healing sangat penting bagi korban yang terdampak secara mental. Sutiaji mengaku sudah mendapatkan laporan dari crisis center yang didirikan di Balaikota Malang terkait hal ini.

“Trauma healing sudah kami siapkan. Rata-rata korban yang kami tahu kondisi psikisnya terganggu. Ada yang tiba-tiba marah, tiba-tiba menangis, terdiam, tidak mau makan. Untuk hal ini kami bekerja sama dengan perguruan tinggi,” kata Sutiaji.

Langkah-langkah Trauma Healing untuk Korban Kanjuruhan Disaster 2

Setelah menggandeng perguruan tinggi yang punya ahli psikologi, Sutiaji menjelaskan langkah-langkah trauma healing yang dilakukan Pemkot Malang. Secara teknis, pihaknya juga sudah memerintahkan Dinas Kesehatan Kota Malang.

Bahkan, trauma healing itu bukan cuma diberikan kepada korban yang selamat saja. Pihak keluarga yang kehilangan anggotanya yang meninggal dalam tragedi itu juga akan mendapatkan pelayanan.

“Kami datangi mereka, penanggung jawabnya Dinkes, karena di sana tupoksinya di penyakit tidak menular. Kami akan lakukan ini terus-menerus. Kami akan lakukan kunjungan, baik yang sakit, orang-orang yang selamat, dan keluarga yang ditinggal mati,” pungkasnya.

Kabar tentang Kanjuruhan Disaster 2 akan terus kami sajikan secara tajam, berimbang, dan terpercaya. BACA: Klik di sini untuk terus mengikuti update berita tentang Kanjuruhan Disaster 2 dari segala sisi.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya