Tugas Ganda Jonathan Bauman di Arema

Tugas Ganda Jonathan Bauman di Arema
Jonathan Bauman (C) DANI KRISTIAN

Bergabung dengan Arema di musim 2020 ini, tugas ganda diberikan kepada Jonathan Bauman. Pemain asal Argentina itu rupanya tak hanya diplot sebagai penyerang di timnya, tapi juga punya tugas lain.

Bauman diminta manajemen klub menjadi pendamping bagi dua pemain asing anyar Arema lainnya, Matias Malvino dan Elias Alderete. Keduanya diketahui belum pernah bermain di Indonesia sebelumnya, tidak seperti Bauman yang sudah pernah memperkuat Persib Bandung di musim 2018.

Berdasarkan pengalaman itu, Bauman diyakini bisa menjadi guide bagi Matias dan Elias. Karenanya, pemain 28 tahun itu dipercaya bisa melancarkan proses adaptasi kedua rekannya sesama Latin tersebut di Arema.

“Saya akan membantu proses adaptasi kedua pemain ini di bulan pertama. Mungkin saya akan mengenalkan mereka pada makanan-makanan di Indonesia,” kata Bauman.

Tak Mudah Menjalankan Tugas Ganda Jonathan Bauman

Bukan perkara mudah bagi Jonathan Bauman untuk menjalankan tugas ganda tersebut. Namun, mantan pemain Kedah FA Malaysia itu mengaku siap melakukan yang terbaik.

Bauman pun harus rela menjadi translator pula bagi Matias dan Elias, termasuk ketika menjalani sesi wawancara dengan awak media. Seperti diketahui, Matias bisa sedikit Bahasa Inggris, sedangkan Elias hanya bisa berbahasa Spanyol.

“Saya pikir situasi dan kondisi di masing-masing negara keduanya berbeda, mereka berasal dari Uruguay dan Argentina yang secara kultur mungkin juga berbeda dengan Indonesia,” tegasnya.