UEFA Assist League Development Programme 2022 Bantu Pulihkan Citra Arema Pasca Kanjuruhan Disaster 2

- Advertisement -

UEFA Assist League Development Programme 2022 di Jakarta yang diikuti Arema dinilai sangat membantu. Khususnya dalam upaya manajemen klub untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas brand klub pasca Kanjuruhan Disaster 2.

Kenny Macleod selaku pembicara UEFA yang expert di bidang Brand and Fans Communication, mengatakan komunikasi dalam pemasaran olahraga sepak bola sangat membantu. Utamanya dalam meningkatkan reputasi atau kepercayaan publik terhadap pemangku kepentingan utama.

Pemangku kepentingan yang dimaksudnya bukan cuma klub. Pemerintah dan stake holder lainnya juga terlibat di dalamnya.

“Dengan membangun komunikasi juga menumbuhkan partisipasi berbagai pihak serta utamanya meningkatkan kembali keterlibatan para penggemar sepak bola baik di stadion maupun di dunia maya,” kata Kenny.

“Hal lain, komunikasi pemasaran sepak bola akan menarik sponsor dan investasi publik.”

UEFA Assist League Development Programme 2022 Ikut Membangkitkan Citra Klub dan Suporternya

Sementara, Manager Bisnis dan Marketing Arema, Yusrinal Fitriandi menangkap pelajaran penting dari keikutsertaannya dalam UEFA Assist League Development Programme 2022. Pihaknya sangat mengapresiasi materi yang disampaikan, karena sangat relevan dengan program pemulihan Arema.

“Komunikasi berbagai komponen baik dengan para pemangku kepentingan di jajaran Forkopimda sangat dibutuhkan. Termasuk dengan para fans dalam kembali membangkitkan citra klub serta suporter. Sebab Arema menjadi brand bersama,” imbuhnya.

“Karena itu, masukan dan saran Forkopimda termasuk tokoh masyarakat Malang Raya termasuk kalangan akademisi akan turut membantu pemulihan kondisi klub dan Aremania baik dalam jangka pendek ini dan jangka panjang, utamanya dalam membenahi tata kelola klub pada umumnya.”

Belajar Managemen Pengelolaan Keuangan Klub

Inal, sapaan akrabnya, juga mencatat poin-poin penting dalam materi di hari kedua program UEFA tersebut. Sang pemateri dari UEFA, Stuart Robert Larman menyampaikan materi tentang manajemen pengelolaan keuangan klub.

“Dalam manajemen klub perlu manajemen keuangan yang baik, terhubung dengan rencana strategis manajemen keuangan adalah proses di mana klub harus merencanakan, menganggarkan, mengelola, dan melaporkan aspek keuangan dari kegiatannya untuk mencapai tujuannya,” tandasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya