Usai Swab Test, Dua Penggawa Arema Negatif Covid-19

EDITORIAL: Kekuatan Lini Perlini Arema Musim 2020
Skuad Arema musim 2020 (C) DANI KRISTIAN

Tim medis menyatakan dua penggawa Arema negatif covid-19, meski sempat reaktif saat menjalani rapid test. Hal itu mengacu pada hasil swab test yang baru saja mereka bedua jalani.

Swab test itu harus mereka tempuh setelah kedapatan hasil reaktif usai menjalani rapid test sebelumnya. Awalnya, mereka menjalani rapid test untuk melengkapi dokumen kesehatan untuk perjalanan ke luar daerah.

Swab test itu mereka jalani pekan lalu di salah satu rumah sakit swasta di Kota Malang. Hasilnya sendiri baru keluar pada Senin (15/6/2020) pagi.

“Hasilnya sudah keluar. Keduanya dipastikan negatif,” kata Asisten Dokter Tim Arema FC, Syeh Alfin Abdillah.

Dua Penggawa Arema Negatif Covid-19 Tak Perlu Mengulang Swab Test

Sementara itu, terpisah, Dokter Tim Arema, dokter Nanang Tri Wahyudi, Sp.KO. menegaskan, hasil swab test tersebut menjadi hasil final. Kedua pemain tak perlu mengulang swab test untuk kedua kalinya.

Menurutnya, hasil rapid test sebenarnya tak perlu disikapi dengan kepanikan. Sebab, hasil rapid test sesungguhnya belum tentu menyatakan seseorang positif, sebelum menjalani swab test.

“Tidak ada rencana untuk mengulang swab test, karena setahu saya yang harus diulang itu jika hasil swab testnya positif,” imbuhnya.

Pesan Dokter Tim untuk Pemain Arema Lainnya

Dokter Nanang juga berpesan pada pemain Arema lainnya untuk selalu menjaga diri, mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Sebab, covid-19 tak pandang bulu, bisa menimpa siapa pun, termasuk seorang atlet.

“Semoga semua pihak bisa mengambil pelajaran dari hasil reaktif dari rapid test yang didapat dua pemain Arema. Ini bukti bahwa atlet yang kondisinya fit, tetap bisa terkena virus juga. Jadi, saya pesan, semua tetap harus waspada. Harus menjaga jarak, jaga kebersihan, dan selalu memakai masker kalau beraktivitas di luar rumah,” pungkasnya.