Fokus

11 Pelatih Brasil yang Pernah Melatih di Indonesia, Arema Pilih Mana?

Sergio Farias (C) DANI KRISTIAN

Ada 11 pelatih Brasil yang pernah melatih di Indonesia, sesuai dengan salah satu kriteria pelatih asing yang dicari Arema untuk Liga 1 2021. Lalu, mana kira-kira yang paling cocok untuk Arema?

Untuk musim 2021 ini, manajemen Arema terang-terangan tetap ingin berkiblat pada sepak bola indah ala Brasil. Makanya, mereka berburu pelatih asing asal negeri Samba tersebut, dengan catatan pernah berkarier di Indonesia sebelumnya.

Kriteria terakhir itu diajukan untuk mempermudah proses adaptasi. Dengan pernah melatih di negeri ini, si pelatih diharapkan sudah mengerti peta rimba sepak bola Indonesia.

Inilah 11 Pelatih Brasil yang Pernah Melatih di Indonesia

1. Sergio Farias

Sergio Farias terakhir melatih Persija Jakarta di Liga 1 2020 lalu. Pelatih berusia 53 tahun ini sempat digosipkan bakal merapat ke Arema beberapa waktu lalu sebelum kedatangan Carlos Oliveira.

2. Mario Gomes de Olivera

Mario Gomes de Olivera atau yang akrab disapa Gomes sudah banyak pengalaman melatih klub tanah air. Di antaranya adalah Madura United, Kalteng Putra, dan terakhir PSMS Medan di Liga 2 2020.

3. Luciano Leandro

Luciano Leandro pernah sukses sebagai pemain di era Liga Indonesia, bersama PSM Makassar di musim 1995-1998, dan Persija Jakarta di musim 2001-2004. Sebagai pelatih, pria berusia 55 tahun itu pernah menangani Persipura Jayapura di Liga 1 2018.

4. Osvaldo Lessa

Osvaldo Lessa memiliki dasar sebagai pelatih fisik yang pernah mendampingi Jacksen F Tiago di Persipura Jayapura. Pengalaman terakhirnya di Indonesia adalah sebagai asisten pelatih di Persija Jakarta di Liga 1 2019 lalu.

5. Wanderley da Silva

Wanderley da Silva terakhir melatih Perseru Serui di Liga 1 2018. Sebelumnya, namanya juga pernah tercatat sebagai pelatih Persipura Jayapura. Wanderley pun kerap dihubung-hubungkan dengan Arema tiap awal musim, tetapi kepindahannya tak pernah terjadi.

6. Amilton Silva

Amilton Silva pernah juga berkarier di Indonesia di Liga 1 2018. Saat itu, namanya terdaftar sebagai pelatih Persipura Jayapura.

7. Jaino Matos

Jaino Matos pertama kali berkarier di Indonesia menjadi pelatih Persiba Balikpapan. Terakhir, pelatih berusia 41 tahun itu menajdi Direktur Teknik di Badak Lampung pada musim 2019 lalu.

8. Paulo Camargo

Paulo Camargo juga sering dihubung-hubungkan dengan Arema di musim-musim sebelumnya. Pelatih berusia 54 tahun ini terakhir melatih Persija Jakarta pada musim 2016.

9. Fabio Oliveira

Fabio Oliveira sejatinya memiliki dasar sebagai analis dan pendamping pelatih kepala. Terakhir, pelatih berusia 47 tahun itu bekerja di Persela Lamongan di Liga 1 2019.

10. Carlos de Mello

Carlos de Mello adalah gelandang top di era Liga Indonesia dulu, yang pernah memperkuat PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya. Sementara, sebagai pelatih, kakak kandung mantan playmaker Arema, Joao Carlos itu pernah menjadi pelatih PSM di tahun 2005-2006, dan Timnas Pelajar Indonesia di musim 2011-2013.

11. Edson Tavares

Edson Tavares datang ke Indonesia pertama kali pada saat Liga 1 2019 dan melatih Persija Jakarta. Setelah itu, pelatih berusia 64 tahun ini menjadi pelatih Borneo FC di Liga 1 2020.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Exit mobile version