Memori Arema

16 Kekalahan yang Antarkan Arema Degradasi ke Kasta Kedua

Skuad Arema di Ligina 2003 (C) ISTIMEWA

Arema degradasi ke kasta kedua pada kompetisi Liga Indonesia (Ligina) IX yang digelar tahun 2003. Pada kompetisi itu, skuad Singo Edan menderita 16 kali kekalahan dalam 38 pertandingan yang dijalani.

Musim ini menjadi musim terburuk sepanjang perjalanan sejarah Arema mengikuti kompetisi sepak bola profesional di Indonesia. Arema terdegradasi ke Divisi I setelah menempati posisi 17 dari 20 klub di klasemen akhir dengan koleksi 44 poin.

Tercatat, cuma 11 kemenangan dan 11 hasil imbang yang mampu diraih Arema sepanjang kompetisi yang dihelat dengan sistem satu wilayah tersebut. Praktis, di 16 laga lainnya, Arema menderita kekalahan.

Ada tiga tim lain yang terdegradasi langsung bersamaan dengan Arema. Mereka adalah Petrokimia Putra Gresik (peringkat 18 dengan 42 poin), PSDS Deli Serdang (peringkat 19 dengan 41 poin), dan Barito Putera (peringkat 20 dengan 38 poin). Perseden Denpasar yang gagal di babak playoff degradasi menyusul.

Fakta Menarik di Balik 16 Kekalahan yang Antarkan Arema Degradasi

Dari 16 kekalahan di Ligina 2003, tiga di antaranya diderita Arema di kandang sendiri, sedangkan 13 kekalahan lainnya di luar kandang. Bahkan, pada laga kandang perdana (pekan pertama), Arema sudah kalah 0-1 dari tamunya Deltras Sidoarjo. Perseden Denpasar juga pernah mengalahkan Arema di Malang 1-0.

Sementara, kekalahan 1-4 dari Persija Jakarta menjadi rekor kekalahan terbesar Arema di kandang musim itu. Kalau rekor kekalahan terbesar Arema pada musim tersebut diderita Arema di kandang Persipura Jayapura.

Deltras dan Persija menjadi dua tim yang dua kali mengalahkan Arema di laga kandang maupun tandang. 11 klub lain yang pernah mengalahkan Arema di musim itu adalah PSM Makassar, Persik Kediri, PSDS Deli Serdang, Semen Padang, PSS Sleman, Deltras Sidoarjo, PKT Bontang, Barito Putera, Persikota Tangerang, Pelita Krakatau Steel, dan Persita Tangerang.

Menariknya lagi, 16 kekalahan yang diderita Arema tidak lebih banyak dari dua tim yang ada di peringkat atasnya. Perseden yang ada di peringkat 15 saja kalah 18 kali, sedangkan Persib Bandung yang tepat di atas Arema (peringkat 16) kalah 17 kali.

Exit mobile version