Nasional

Iwan Bule Ketum PSSI, Iwan Budianto dan Cucu Sumantri Waketum

Iwan Budianto (C) WEAREMANIA

Komjen Pol. Mochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum alias Ketum PSSI periode 2019-2023. Sementara Iwan Budianto dan CuCu Sumantri terpilih sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) yang mendampinginya.

Proses pemilihan Ketum dan Waketum itu digelar dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019) siang. Iwan Bule unggul telak 82 suara atas Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono, dua calon lainnya. Dari 86 suara, tiga suara tidak sah dan satu voter dari Persis Solo memutuskan tidak ikut memilih.

Enam calon Ketum lainnya mengundurkan diri dalam KLB ini karena menilai kongres pemilihan berjalan tidak benar. Mereka adalah Fary Djamy Francis, Vijaya Fitriyasa, Aven S. Hinelo, Sarman El Hakim, Yesayas Oktovianus, dan Benny Erwin, yang menegaskan akan lapor pada FIFA dan AFC.

Sebelumnya, La Nyalla Mahmud Mattalitti juga sudah menyatakan mundur terlebih dahulu sebelum kongres digelar. Akhirnya, tersisa tiga calon Ketum, hingga Iwan Bule terpilih.

Iwan Budianto dan Cucu Sumantri Jadi Waketum

Untuk posisi Wakil Ketua Umum PSSI 2019-2023, diisi oleh dua orang. Mereka adalah Iwan Budianto dan Cucu Sumantri dengan suara terbanyak dalam Kongres Luar Biasa ini akan mendampingi Ketum PSSI, Iwan Bule.

Dalam kongres tersebut, Cucu mengumpulkan 81 suara, disusul Iwan 74 suara. Sementara, calon Waketum lainnya, Hasnuryadi Sulaiman dan Esti Puji Lestari sama-sama mendapatkan dua suara. Lalu Djamal Aziz serta Hinca Panjaitan meraih satu suara, dan satu suara lain tidak sah.

Saat ini, agenda KLB PSSI menyisakan pemilihan anggota komite eksekutif (Exco). Dari 71 orang yang mencalonkan diri, hanya ada 12 nama dengan suara tertinggi saja yang akan mengisi kursi tersebut.

Exit mobile version