Nasional

Wow, Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021!

24 Pemain Timnas

Ada kabar gembia jelang kick-off laga PS Tira-Persikabo vs Arema FC di pekan ke-24 Liga 1 2019 di Stadion Pakansari Bogor, Kamis (24/10/2019) sore. Ada kepastian Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Keputusan itu diambil FIFA selaku badan sepak bola tertinggi di dunia setelah melakukan general meeting di Shanghai, China di hari yang sama. Dalam pertemuan dengan FIFA itu, Indonesia yang diwakili Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha melakukan presentasi akhir dari proses bidding tuan rumah.

Hasil presentasi Sekjen PSSI wanita pertama itu tentang sepak bola Indonesia mengundang kekaguman FIFA. Usai presentasi, FIFA akhirnya menunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tersebut.

Singkirkan Brasil dan Peru

Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tak lepas dari keberhasilan PSSI meyakinkan FIFA dengan presentasi yang mengagumkan. Dalam proses bidding, Indonesia menyingkirkan dua pesaing dari negara Amerika Selatan, Brasil dan Peru.

Pada proses bidding sebelumnya, ada sejumlah gabungan negara lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah turnamen sepak bola junior tertinggi ini. Indonesia menjadi satu-satunya wakil konfederasi AFC yang tersisa setelah gabungan negara Myanmar/Thailand dan Bahrain/Arab Saudi/Uni Emirat Arab mengundurkan diri.

Pencalonan sebagai tuan rumah ini bagi PSSI merupakan rencana jangka panjang mereka mewujudkan misi yang lebih tinggi. PSSI ingin menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia senior pada tahun 2034 atau 2038.

Sebelum mencalonkan diri sebagai tuan rumah, Indonesia wajib melalui berbagai tahapan. Mulai dari menyerahkan dokumen yang terdiri lebih dari 250 kategori, dan eligibility semua dokumen tersebut secara administrasi hingga terpenuhi.

Ajukan 10 Stadion

PSSI mengajukan 10 stadion sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Perwakilan FIFA pun sudah melakukan inspeksi langsung pada 16-19 September 2019 lalu ke lima dari sepuluh stadion yang diajukan tersebut.

Stadion yang diajukan PSSI kepada FIFA:

Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.
Stadion Wibawa Mukti Cikarang.
Stadion Pakansari Bogor.
Stadion Patriot Bekasi.
Stadion Mandala Krida Yogyakarta.
Stadion Manahan Solo.
Stadion Si Jalak Harupat Bandung.
Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.
Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Exit mobile version