Makna Selebrasi X Ala Sylvano Comvalius

Arema FC vs PSIS Semarang
Makna Selebrasi X Ala Sylvano Comvalius

Setiap usai mencetak gol, selebrasi X ala Sylvano Comvalius selalu dipamerkannya. Semua pasti penasaran mengenai makna selebrasi penyerang Arema FC tersebut.

Selebrasi X terakhir ditampilkannya setelah menjebol gawang Persebaya Surabaya pekan lalu. Pemain asal Belanda itu tak hanya mencetak sebiji gol, tapi membawa Arema menang telak 4-0 di Stadion Kanjuruhan Malang.

Comvalius mengaku sudah lama memamerkan selebrasi menyilangkan kepalan tangan kanan dengan tangan kiri di dada tersebut. Seingatnya, pemain 32 tahun ini mulai melakukan selebrasi itu saat masih bermain di Liga Cina.

“Sudah lama saya melakukan selebrasi seperti itu, bahkan saat bermain di Bali United. Itu artinya sama dengan simbol X pada lambang Kota Amsterdam, kota kelahiran saya,” jelas Comvalius.

Mirip Lambang Kota Malang

Sekilas, jika dilihat lambang Kota Amsterdam mirip sekali dengan lambang Kota Malang tempo dulu. Terdapat dua singa yang mengapit sebuah perisai dengan tiga simbol X vertikal dengan mahkota di atasnya.

Saat masih bermain di Bali United 2017 lalu, selebrasi X ala Sylvano Comvalius kerap dilakukannya bersama dua rekan yang berasal dari Amsterdam. Ada Vander Velden, dan Stefano Lilipaly (yang sudah jadi WNI).

“Kalau di Arema, teman-teman lain ada yang mengikuti selebrasi ala saya. Bukan saya yang mengajak, mereka yang ikutan sendiri, mungkin karena mereka sering melihat saya dan ingin ikut, tidak masalah, itu simbol yang bagus,” imbuhnya.

Ingin Terus Melakukan Selebrasi Ini

Sebagai penyerang, Comvalius ingin sekali terus melakukan selebrasi X seperti ini. Termasuk saat Arema menjamu Barito Putera di pekan ke-15 Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin (19/8/2019) malam.

“Saya akan melakukan yang terbaik untuk mencetak gol lagi dan lagi, tapi yang terpenting bagi saya adalah kemenangan tim,” tegas pemilik jersey bernomor punggung 99 ini.