Pemain Lokal Arema Tak Perlu Khawatirkan Regulasi 8 Pemain Asing

- Advertisement -

Pemain lokal Arema tak perlu khawatirkan regulasi delapan pemain asing untuk Liga 1 2024-2025. Asisten Pelatih Arema, Kuncoro menegaskan, regulasi itu justru harus menjadi motivasi bagi mereka.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) berniat menambahkan kuota pemain asing musim lalu, dari 5=1 menjadi 6=2 untuk musim depan. Kebijakan ini ditentang oleh sejumlah pesepak bola lokal dengan unggahan di Instagram berbunyi ‘IniSepakBolaIndonesia?’.

Kuncoro menilai regulasi tersebut ada sisi positif dan negatifnya. Namun, pemain lokal dimintanya untuk melihat situasi ini dari kacamata positifnya saja.

“Negatifnya mungkin penambahan kuota pemain asing itu akan mengurangi slot pemain lokal di klub. Tapi, sebaiknya jangan dilihat itunya. Jadikan ini sebagai motivasi bagaimana caranya agar pemain lokal bisa meningkatkan kemampuannya,” kata Kuncoro kepada WEAREMANIA.

Regulasi 8 Pemain Asing Tak Mengurangi Kesempatan Bermain Pemain Lokal yang Menonjol

Kuncoro meyakini, setiap pelatih kepala pasti memiliki selera masing-masing dan tak akan menutup mata terhadap kualitas pemain. Jika ada pemain lokal yang menonjol, bisa saja menyingkirkan pemain asing dalam hal kesempatan bermain.

“Kesempatan bermain tergantung pemain itu sendiri. Begitu pemain asing dan pemain lokal punya kemampuan yang setara, maka pelatih yang akan melihat, dan mengambil keputusan siapa yang dimainkan sesuai taktik dan strategi,” imbuhnya.

“Kadang-kadang bisa saja pemain lokal punya kemampuan lebih bagus dari pemain asing, seperti Arema musim lalu misalnya,”

Sama Dengan Regulasi Pemain U-23 Wajib Main 45 Menit

Untuk regulasi pemain U-23 wajib main 45 menit awaal, Kuncoro menilai situasinya sama saja. Tak peduli usia, jika pemain itu punya kemampuan di atas rata-rata maka bisa saja langganan jadi starter.

“Kalau ada pemain U-23 yang nantinya lebih bagus performanya dari pemain senior, maka dia jadi starter. Musim lalu, ketika regulasi itu dihapuskan pun, Arema tetap memainkan satu-dua pemain U-23 sebagai starter,” tandasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya