Polri Dinilai Lebih Baik Kalau Berani Hukum Perwiranya yang Terlibat Kanjuruhan Disaster 2

- Advertisement -

Polri dinilai menjadi lebih baik kalau berani hukum perwiranya yang terlibat Kanjuruhan Disaster 2. Hal itu disampaikan Sekjen Federasi Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Andy Irfan.

Pendamping tim hukum Tim Gabungan Aremania itu mendesak Polri untuk transparan dalam menyidik pelaku kasus tragedi tersebut. Sebab, Federasi KontraS menduga, ada rantai komando dari tingkat Polda ke bawah yang turut berperan terjadinya penembakan gas air mata di malam naas itu.

Rabu (19/10/2022) kemarin dilakukan proses rekonstruksi kejadian di lapangan sepak bola Mapolda Jawa Timur yang menghadirkan tiga tersangka dari perwira polisi. Namun, dari 30 adegan yng diperagakan, ada adegan tembakan gas air mata, tapi ke arah sentelban, bukan ke tribune seperti yang ada dalam video yang beredar dan kesaksian korban.

Andy mengajak, momentum ini tidak dijadikan sebagai ajang saling menyalahkan. Namun, lebih tepatnya yang salah ya katakan bersalah, tidak usah dilindungi, sekalipun itu dari pihak aparat sendiri.

“Hukum saja. Polri tidak akan menjadi buruk dengan menhukum jenderalnya yang buruk. Polri tidak akan jadi buruk dengan menhukum perwiranya yang buruk. Polri justru akan menjadi lebih baik, terpercaya, profesional, akuntabel, kalau berani menghukum seluruh jendral dan perwiranya yang buruk,” kata Andy.

Waktunya Aparat yang Terlibat Kanjuruhan Disaster 2 untuk Berbenah

Andy Irran juga menekankan menjadikan momen Kanjuruhan Disaster ini sebagai momen untuk berbenah. Bahkan, yang harus berbenah bukan cuma di level bawah aparat kepolisian saja.

Menurutnya, mulai dari level bawah, perwira Polri, para jenderal Polri, termasuk Kapolri harus ikut berbennah. Baginya, jika mereka mau berbenah, sama saja sebagai langkah untuk membenahi negara ini.

“Kita mencintai polisi yang profesional, bukan polisi yang menyalahgunakan kewenangan. Kita semua cinta polisi, butuh polisi. Tidak ada negara yang demokratik, dan punya hukum yang adil, kalau polisinya tak beres. Itu bisa diwujudkan kalau polisinya bersih dan profesional,” tandasnya.

Kabar tentang Kanjuruhan Disaster 2 akan terus kami sajikan secara tajam, berimbang, dan terpercaya. BACA: Klik di sini untuk terus mengikuti update berita tentang Kanjuruhan Disaster 2 dari segala sisi.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya