Sebelum Matias Malvino, Arema Pernah Diperkuat Trio Pemain Uruguay Ini

Sebelum Matias Malvino, Arema Pernah Diperkuat Trio Pemain Uruguay Ini
Esteban Guillen (C) VAMOSAREMA

Sebelum Matias Malvino di Liga 1 2020, Arema sudah pernah diperkuat oleh pemain asing asal Uruguay lainnya. Setidaknya ada tiga pemain asing asal negara anggota confederasi CONMEBOL tersebut.

Arema pertama kali menggunakan jasa pemain asing asal Uruguay di Liga Indonesia (Ligina) 2003. Pada musim terakhir dikelola oleh mendiang Lucky Acub Zaenal itu, Arema mengontrak dua pemain asing asal Uruguay sekaligus.

Pemain Uruguay pertama yang memperkuat Arema itu adalah Euler Coroera dan Claudio Benzo. Keduanya berposisi sebagai bek tengah dan penyerang.

Namun, kebersamaan kedua pemain itu tidak sampai akhir musim 2003, karena Claudio menjadi korban pencoretan di bursa transfer pemain paruh musim. Euler yang dipertahankan pun gagal menyelamatkan Arema dari degradasi ke kasta kedua.

Pemain Uruguay Pernah Sukses di Arema Sebelum Matias Malvino Gabung

Selain Euler Coroera dan Claudio Benzo, Arema juga pernah diperkuat Esteban Guillen sebelum hadirnya Matias Malvino di era Milenial sekarang ini. Nama ketiga ini dinilai sebagai pemain asal Uruguay tersukses di Arema.

Esteban didatangkan Arema di masa bursa transfer paruh musim Indonesia Super League (ISL) 2009-2010, dan mempersembahkan gelar juara di akhir musim. Di musim berikutnya (ISL 2010-2011), pemain yang punya spesialisasi bola-bola mati itu disodori perpanjangan kontrak dan membawa Arema menjadi runner-up.

Di tahun yang sama, pemilik jersey bernomor punggung 17 itu juga membawa Arema menuju partai final Piala Indonesia 2010. Sayangnya, Arema gagal meraih gelar juara untuk ketiga kalinya di turnamen yang sama.