Akhirnya Kushedya Hari Yudo Menjalani Operasi Cedera ACL-nya

Kabar baik datang dari tim medis Arema jelang babak 8 besar Piala Presiden 2022. Akhirnya Kushedya Hari Yudo menjalani operasi pada cedera ACL-nya.

Dokter Tim Arema, Nanang Tri Wahyudi mengungkapkan Yudo baru saja naik ke meja operasi. Sekarang, untuk pemulihannya diserahkan pada Fisioterapis Arema, Reta Arroyan.

Menurut Reta, Yudo sudah hampir sepekan ini menjalani proses pemulihan pasca operasi lutut. Penyerang asli Kabupaten Malang itu harus melakoni terapi setiap hari.

“Yudo sudah sekitar lima harian yang lalu menjalani operasi. Sekarang ini tahap pemulihan,” kata Reta kepada WEAREMANIA.

Setelah Kushedya Hari Yudo Menjalani Operasi, Butuh Waktu Setengah Tahun Pemulihan

Reta Arroyan menambahkan, biasanya pemulihan pasca operasi ACL minimal setengah tahun. Karenanya, setidaknya dalam setengah musim ke depan Kushedya Hari Yudo bakal absen membela Arema di Liga 1 2022-2023.

Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) itu diderita Yudo di pengujung Liga 1 2021-2022 lalu. Pemain berusia 28 tahun itu sempat ikut latihan reguler bersama tim usai pemulihan non-medis, tapi kambuh lagi cederanya.

“Setidaknya butuh waktu enam sampai tujuh bulan untuk pemulihan pasca operasi ini. Terapinya dengan mengurangi nyerinya, menjaga lingkup sendi, dan menjaga ototnya biar tidak turun,” imbuh fisioterapis asal Ponorogo itu.

Butuh Memperkuat Mental dan Kemauan

Reta Arroyan menyebut ada tantangan tersendiri dalam pemulihan cedera dengan durasi yang cukup lama itu. Setidaknya, Kushedya Hari Yudo harus berkaca pada kasus-kasus cedera ACL sebelumnya, seperti yang dialami Dedik Setiawan.

“Kuncinya memang ada di mental. Harus ada kemauan dan tekad yang kuat untuk sembuh dari diri pemain sendiri,” pungkasnya.

Selain Kushedya Hari Yudo, saat ini daftar pemain Arema yang menjalani pemulihan cedera berisi lima pemain lain. BACA: Inilah enam pemain yang terancam absen membela Arema di laga babak 8 besar Piala Presiden 2018.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.