Arema Meraih AFC Club Licensing 2021, Ini yang Kelima

Arema meraih AFC Club Licensing 2021 setelah mampu memenuhi lima aspek klub profesional yang menjadi indikator utama penilaian. Ini merupakan predikat yang kelima kalinya berturut-turut sebelum tampil di Liga 1 2021-2022.

Predikat klub profesional itu diberikan oleh Club Licensing Committee (CLC) setelah proses verifikasi sejak Maret 2021. Wewenang itu berdasarkan Pasal 3 PSSI Club Licensing Regulation.

Sebelumnya, CLC sudah melakukan verifikasi faktual terkait lima aspek klub, yakni meliputi sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan aspek finansial. Selain itu, verifikasi data juga sudah dilakukan terhadap dokumen yang dikirim melalui AFC Club Licensing Administration System (AFC CLAS).

Surat Keputusan (CLC) bernomor 001/clc-pssi/x/2021 yang diterima oleh manajemen Arema memutuskan bahwa permohonan Lisensi Klub Profesional AFC yang diajukan sudah diterima. Lisensi Klub Profesional AFC pun siap diberikan kepada klub Arema.

Arema Meraih AFC Club Licensing 2021 dan Lisensi Klub Profesional Nasional

Selain AFC Club Licensing 2021, Arema juga menerima Lisensi Klub Profesional Nasional. Lisensi tersebut juga diberikan oleh CLC.

Dalam surat yang sama juga dijelaskan, CLC memerintahkan kepada CLD (Club Licensing Department) untuk memberikan salinan keputusan ini kepada komite eksekutif PSSI. Tujuannya tentu untuk dipastikan pelaksanaanya.

Manajemen Arema pun langsung menanggapi keluarnya dua lisensi klub profesional itu. Media Officer Arema, Sudarmaji menyebut, pihak klub menyambutnya dengan penuh rasa syukur.

Menurutnya, di tahun 2020 lalu adalah fase tersulit untuk bertahan, dan kini di tahun 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses di tengah kompetisi, karena masih berada dalam situasi pandemi covid-19.

“Proses pelaporan kondisi klub adalah sebuah rutinitas tahunan yang harus disampaikan kepada AFC. Arema tetap bersemangat menjaga rutinitas itu, sekaligus fokus kami adalah kerja dan kerja untuk menjaga eksistensi Arema,” kata Sudarmaji.

Harapan Arema Atas Predikat Klub Profesional Tahun 2021 Ini

Sudarmaji menambahkan, dengan diraihnya predikat klub profesional, baik versi AFC maupun nasional, bisa menumbuhkan harapan bagi semua pihak. Harapannya, pihak-pihak lain juga turut merasakan efek positifnya.

“Semoga dengan lolosnya Arema ini memberikan tambahan pemahaman lebih kepada semua pihak, baik Aremania, partnership Arema di pemerintahan, serta mitra kerja, bahwa Arema on the track dalam pengelolannya,” kata Sudarmaji yang juga menjabat Manager Club Licensing Arema.

“”Harapannya tentu saja karena ini sebagai indikator klub profesional maka diharapkan Club Licensing menjadi pemacu semangat klub-klub yang ada di Indonesia untuk memenuhi setidaknya lima aspek yang diwajibkan. Ini tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya.”

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.