Arema Minta Kepastian Jadwal Liga 1 2020 Usai Libur Dua Pekan

Arema Minta Kepastian Jadwal Liga 1 2020 Usai Libur Dua Pekan
Joha Farizi (C) DANI KRISTIAN

Ruddy Widodo mengaku tak masalah Liga 1 2020 sementara ini diliburkan dua pekan untuk mendukung pemerintah meminimalisir penyebaran virus corona. Namun, General Manager Arema itu minta kepastian jadwal kompetisi setelah libur nanti.

Menurutnya, libur kompetisi ini bukan semata-mata untuk mendukung upaya mengurangi penyebaran virus corona. Yang diketahuinya, kompetisi ini memang jadwalnya libur dua pekan awalnya karena ada FIFA Matchday. Meski seluruh FIFA matchday ditunda gara-gara virus corona, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator tetap meliburkan Liga 1 2020.

Keputusan itu diambil setelah PSSI menerima imbauan dari pemerintah, melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Ruddy setuju jika meliburkan kompetisi merupakan salah satu cara untuk mendukung usaha pemerintah menanggulangi virus corona.

“Salah satu cara menanggulangi virus corona adalah dengan meminimalisir jumlah orang berkumpul, makanya dua minggu ini kegiatan sepak bola dihentikan sementara. Kami tidak masalah, karena hal ini bukan cuma di Indonesia, dunia juga melakukannya. Jadi, Arema sendiri tidak masalah libur dua pekan ini. Yang menjadi pertanyaan, setelah dua minggu ini bagaimana?” kata Ruddy kepada WEAREMANIA.

Arema Minta Kompetisi Tetap Berjalan Sesuai Jadwal

Meski sempat bertemu dengan PT LIB dan PSSI, Senin (16/3/2020) lalu di Jakarta, Ruddy Widodo menjelaskan belum ada kepastian terkait kelanjutan Liga 1 2020 yang baru memasuki pekan ketiga. Namun, manajer asal Madiun itu berharap kompetisi tetap berjalan sesuai jadwal semula.

Ruddy optimistis wabah virus corona ini segera berakhir dengan penanggulangan yang tepat dari berbagai pihak. Terlebih ketika social distancing dilakukan, dengan cara mengurangi interaksi dengan orang lain (kontak tatap muka langsung dan bersalaman). Termasuk dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti tidak pergi ke tempat yang ramai pengunjung, seperti stadion.

“Harapan kami setelah ini kompetisi digelar lagi sesuai dengan jadwal, tentunya mengacu pada situasi dan kondisi di Indonesia. Mudah-mudahan dengan social distancing sangat ampuh meredam penyebaran virus corona, kami yakin hasilnya maksimal,” imbuh pria berusia 48 tahun itu.

Jadwal Arema di Pekan Keempat Liga 1 2020

Jika digelar sesuai jadwal, pada pekan keempat Liga 1 2020, Arema akan menjalani laga kandang. Skuad Singo Edan akan menjamu Borneo FC, Jumat (3/4/2020) malam.

“Persiapan tim kami juga normal saja seperti biasanya. Hanya saja memang setelah pekan ketiga kemarin tim ini diliburkan selama lima hari. Sesuai yang diprogramkan tim pelatih, Jumat (20/3/2020) besok tim Arema sudah berlatih lagi,” tandasnya.