Carlos Oliveira Berharap Pemain Arema Mau Belajar Bahasa Inggris

Carlos Oliveira Berharap Pemain Arema Mau Belajar Bahasa Inggris
Hanif Sjahbandi (C) DANI KRISTIAN

Carlos Oliveira berharap pemain Arema mau belajar bahasa asing, utamanya Bahasa Inggris. Pelatih Arema asal Brasil itu menilai hal tersebut bisa memangkas kendala komunikasi dalam tim saat latihan maupun pertandingan.

Sejauh ini, Carlos kerap memakai Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam sesi latihan. Pelatih Kiper Arema, Felipe Americo atau yang lainnya kerap menjadi penerjemah untuk menyampaikan maksud darinya.

Memang, menurutnya ada sejumlah pemain Arema yang sudah menguasai Bahasa Inggris. Ketika pemain tak paham dengan yang diucapkannya, terkadang Carlos pun berucap dalam Bahasa Indonesia setelah diberi tahu padanan katanya.

“Saya ingin belajar Bahasa Indonesia. Namun, tak ada salahnya pemain juga mau belajar Bahasa Inggris. Para pesepak bola harus pintar berbahasa asing agar lebih pintar dan terpelajar,” kata Carlos.

Manfaat Pemain Arema Mau Belajar Bahasa Asing

Carlos Oliveira membeberkan sejumlah manfaat jika pemain Arema menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Setidaknya, mereka siap ketika dihadapkan pada pertandingan internasional.

Menurutnya, pemain berpeluang meningkatkan karier di luar negeri jika bisa berbahasa asing. Kemampuan bahasa itu bakal sangat mendukung jika kesempatan bermain di luar Indonesia itu datang kelak.

“Tentunya jika menguasai Bahasa Inggris, mereka bisa lebih mudah menyerap ilmu dari pelatih asing. Jika suatu saat bermain di luar negeri pun mereka tidak bingung,” tegasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.