Menguasai 5 Bahasa, Carlos Oliveira Tak Terkendala Komunikasi

Menguasai 5 Bahasa, Carlos Oliveira Tak Terkendala Komunikasi
Carlos Oliveira dibantu Felipe Americo (C) DANI KRISTIAN

Carlos Oliveira tak terkendala komunikasi saat melatih Arema, meski memiliki perbedaan bahasa dengan asisten pelatih dan pemainnya. Sebab, pelatih asal Brasil itu mengaku menguasai lima bahasa sekaligus.

Dalam sesi latihan maupun pengarahan, Carlos kerap terdengar mengucapkan instruksi dengan Bahasa Inggris. Menurutnya, bahasa itu yang paling ideal dipakai dalam berkumunikasi dengan tim saat di lapangan.

Apalagi istilah sepak bola dalam Bahasa Indonesia juga banyak yang merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris. Hal itu tentu memudahkannya untuk memberi penjelasan kepada para penggawa Singo Edan agar memahami apa yang diinginkannya.

“Selain Bahasa Inggris, saya juga fasih Bahasa Portugis, Jepang dan Spanyol. Saya juga bisa sedikit Bahasa Finlandia, karena pernah melatih di sana,” kata Carlos.

Carlos Oliveira Tak Terkendala Menggunakan Bahasa Inggris

Carlos Oliveira juga menjelaskan tak ada masalah dengan penggunaan Bahasa Inggris antara dirinya dengan asisten pelatih atau pemain Arema. Menurutnya, sebagian besar pemain menguasai bahasa internasional tersebut.

Ketika mengalami kendala bahasa, Carlos kerap meminta bantuan pelatih kiper Arema, Felipe Americo yang sudah bisa berbahasa Indonesia. Keharian pelatih yang sama-sama dari Brasil itu sangat membantu.

“Sebagian besar pemain mengerti Bahasa Inggris. Mungkin kadang saya tak bisa memastikan apakah mereka paham semua yang saya bicarakan, tapi saya punya asisten pelatih yang dapat menerjemahkan apa yang saya maksud,” imbuhnya.

Carlos Oliveira Belajar Bahasa Indonesia

Sesekali terdengar Carlos Oliveira berkata sedikit dalam Bahasa Indonesia. Kata-kata itu didapatnya dari asisten pelatih maupun pemain ketika kesulitan dalam menjelaskan sesuatu yang dimaksudnya dalam Bahasa Inggris.

“Saya berharap bisa hidup di Indonesia untuk waktu yang lama. Karenanya, saya pun belajar berbahasa Indonesia. Setidaknya agar saya bisa lebih mudah dalam berkomunikasi,” pungkasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.