Felipe Americo Menyelesaikan Kursus Kepelatihan Lisensi C AFC

Felipe Americo menyelesaikan kursus kepelatihan lisensi C AFC yang digelar PSSI, 21 November sampai 4 Desember 2021. Asisten Pelatih Kiper Arema itu mengaku senang bisa belajar lagi dalam kesempatan tersebut.

Sebelumnya, Felipe sudah memegang lisensi kepelatihan C dari CBF, federasi sepak bola Brasil negara asalnya. Namun, lisensi itu ternyata belumcukup bagi PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk meloloskannya menjabat sebagai pelatih kiper Arema di Liga 1 2021-2022.

Karenanya, saat kompetisi digulirkan manajemen Arema sempat melakukan pergantian pelatih kiper dari Felipe ke Jarot Supriadi. Bahkan, untuk duduk di bench pemain cadangan, Felipe harus rela statusnya ditulis sebagai penerjemah.

“Saya senang bisa mengikuti kursus kepelatihan ini. Saya rasa ini bagus untuk saya bisa berada di lapangan lagi. Menurut saya belajar selalu menjadi hal penting,” kata Felipe kepada WEAREMANIA.

Harapan Setelah Felipe Americo Menyelesaikan Kursus Kepelatihan

Felipe Americo punya harapan besar setelah mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC tersebut. Harapan khususnya, pria asal Brasil itu ingin terus belajar ilmu-ilmu baru.

Dalam kursus tersebut, Feli mengaku mendapatkan banyak materi umum tentang kepelatihan, belum spesifik tentang kiper. Mulai dari materi build up, passing, dribbling, sistem pertahanan, sistem ofensif, transisi, dan sebagainya.

“Harapan saya adalah untuk berkembang lebih dan lebih sebagai pelatih dan meneruskan ini kepada penjaga gawang saya. Ada banyak pelajaran, tidak hanya tentang sepak bola, tapi juga tentang kehidupan. Orang yang berbeda, cerita yang berbeda, kenyataan yang berbeda, dan semua bersatu dengan satu tujuan, belajar dan tingkatkan kemampuan,” imbuhnya.

Ingin Segera Mendapatkan Lisensi Khusus Kiper dari AFC

Felipe Americo menjadikan kursus kepelatihan lisensi C AFC ini sebagai batu pijakan agar bisa mendapatkan lisensi kepelatihan khusus kiper setelah ini. Sebab, lisensi khusus kiper itu yang bisa membuatnya duduk di bench lagi sebagai pelatih kiper, bukannya penerjemah seperti sekarang.

“Sekarang kursus C, lalu kursus lagi khusus pelatih kiper AFC. Setelah ini saya menunggu kabar dari PSSI. Kalau ada kursus pelatih kiper, saya akan ikut,” tandas pria berusia 39 tahun ini.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.