Hasil Pertandingan Liga 1 2019 PS Tira-Persikabo vs Arema FC: 1-1

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persib Bandung vs Arema FC
Arema dengan jersey putihnya (C) DANI KRISTIAN

Laga PS Tira-Persikabo vs Arema FC di pekan ke-24 Liga 1 2019, Kamis (24/10/2019) sore berakhir dengan skor sama kuat, 1-1. Bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, tim tamu sempat unggul lebih dahulu sebelum disamakan tim tuan rumah.

Jalannya Babak Pertama

Arema membuka peluang di menit 7 melalui tusukan Makan Konate di rusuk kiri gawang PS Tira-Persikabo. Namun, umpannya ke depan gawang mampu ditangkap kiper Angga Saputro.

Semenit kemudian, giliran Jayus Hariono yang melepaskan tendangan menyusur tanah. Bola hasil sepakan dengan kaki kirinya itu terlalu mudah bagi Angga untuk ditangkap.

PS Tira-Persikabo baru membalas di menit 10 lewat aksi bek tengahnya, Mountala Zoubairou yang naik ke depan gawang Arema ketika ada momen tendangan pojok. Namun, tandukannya masih belum mampu mengarahkan bola ke gawang Arema yang dijaga kiper Utam Rusdiyana.

Peluang emas bagi Arema baru tercipta di menit 15. Sodoran manis Jayus ke dalam kotak penalti mampu dijangkau Riky Kayame. Sepakan keras kaki kanan dilepaskannya, namun bola jatuh di pelukan Angga.

Serangan PS Tira-Persikabo di menit 28 menghasilkan peluang dari Louis Parfait. Kali ini tembakan kaki kirinya membuat bola meninggi di atas mistar gawang Arema.

Selang semenit, Arema membalas lewat tusukan Konate di rusuk kiri gawang tim tuan rumah. Tusukan itu diakhiri dengan sepakan keras kaki kiri yang masih mampu diamankan oleh Khurshed Beknazarov.

Pada menit 30, kebuntuan di lini belakang PS Tira-Persikabo mampu dibongkar Ahmad Nur Hardianto. Sebuah umpan dari tendangan bebas Konate mampu dimaksimalkannya menjadi gol dengan tandukan kepala ke belakang. Bola bersarang di pojok kiri atas gawang tim tuan rumah.

Gol yang membuat Arema unggul 1-0 itu menyengat PS Tira-Persikabo yang langsung menciptakan tiga peluang jelang turun minum. Di menit 32, tembakan kaki kanan Munadi dari pojok kanan kotak penalti Arema mengarah ke atas gawang yang dijaga Utam.

Utam melakukan dua penyelamatan penting di menit 43 dengan menepis bola tembakan Osas Saha dari dalam kotak penalti dengan tangan kirinya. Begitu pula dengan peluang bola hasil tandukan kepala ke belakang yang dilakukan Derry Herlangga di menit 44, mampu ditepisnya ke atas mistar gawangnya.

Jalannya Babak Kedua

Babak kedua dibuka dengan peluang dari tim tuan rumah di menit 52. Sepakan salto Osas menyambut bola sapuan hasil dari crossing Ciro Alves nyaris saja membuat gawang Utam kebobolan jika tidak melebar ke sisi kanan gawang Arema.

Gol yang ditunggu-tunggu para pendukung PS Tira-Persikabo akhirnya lahir juga di menit 59. Dari tendangan bebas, Wawan Febriyanto menggetarkan jala gawang Utam dan membawa tim tuan rumah menyamakan skor menjadi 1-1.

Mampu menyamakan skor, melecut semangat pemain tim tuan rumah untuk keluar menyerang. Sebuah peluang melalui penetrasi Ciro di rusuk kanan gawang Arema yang berakhir dengan crossing ke mulut gawang gagal dijangkau Osas. Bola liar disambar Roni Sugeng, namun bola mampu ditangkap Utam dengan menjatuhkan badan.

Pada menit 74, Arema membalas lewat aksi Konate yang menyodorkan bola kepada Jayus di depan gawang PS Tira-Persikabo. Bola lepa yang disapu Guntur Triaji mengarah pada Dendi Santoso. Sepakan spekulatif dilepaskannya dan membuat bola membentur mistar gawang lawan.

Memasuki akhir babak kedua, Arema kian gencar melakukan serangan. Kali ini, memanfaatkan umpan Dendi di menit 84, bola sepakan kaki kiri Konate yang melintas di depan gawang PS Tira-Persikabo malah mengarah ke sisi kiri tiang gawang yang dijaga Angga.

Dua menit jelang laga bubar, giliran Jayus yang berlari dari lini kedua menyambut umpan lambung Dendi. Namun bola lebih dulu diblok Angga, sampai bertabrakan dengan Jayus dan hanya melahirkan sepakan bebas untuk PS Tira-Persikabo.

Peluang Jayus itu menjadi peluang terakhir di babak kedua laga PS Tira-Persikabo vs Arema FC ini. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-1 masih bertahan di papan skor.