Asmina Kogoya, Putri Wamena yang Bersinar di Arema Putri

Asmina Kogoya, Putri Wamena yang Bersinar di Arema Putri
Asmina Kogoya (C) DANI KRISTIAN

Lini depan Arema Putri dihuni penyerang asal Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, yang tengah bersinar bernama Asmina Kogoya. Pemain 18 tahun itu diharapkan terus bermain bagus saat Arema Putri menjalani laga Seri Ketiga di Grup B Liga 1 Putri 2019 di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Asmina menjadi andalan Arema Putri di sektor penyerang sayap sepanjang Seri Pertama dan Seri Kedua kemarin. Tercatat, tiga gol sudah dibuat pemain kelahiran Apela, 5 Agustus 2001 itu di Liga 1 Putri.

Nama Asmina terjaring pencarian bakat yang dilakukan oleh Arema Putri, hingga kemudian ditawari untuk bergabung untuk bermain di Liga 1 Putri 2019. Selama ini, pemilik jersey bernomor punggung 7 itu menekuni sepak bola bersama tim putri di Kediri sambil bersekolah di SMA Negeri 1 Kediri.

“Saya sebelumnya latihan sepak bola di tim putri Kediri, lalu dipanggil ke Arema Putri ikut Liga 1 Putri 2019. Saya di Kediri sudah tiga tahun, merantau dari Wamena sejak kelas 1 SMA,” kata Asmina kepada WEAREMANIA.

Kesempatan Pulang Kampung

Saat timnya menjalani Seri Ketiga di Grup B Liga 1 Putri 2019 di Biak Numfor menjadi momen spesial bagi Asmina Kogoya. Siswi SMA Negeri 1 Kediri itu punya kesempatan untuk pulang kampung.

Setidaknya, selama bertanding dari 2-8 November 2019, ada jeda waktu tiga hari yang bisa dimanfaatkan Asmina untuk pulang ke Wamena. Meski perjalanan dari Biak Numfor ke Wamena cukup jauh, Asmina punya rencana mengajak tim Arema Putri singgah ke kampung halamannya.

“Saya juga belum pernah ke Biak, tapi setahu saya dari Biak ke Wamena masih lumayan jauh perjalanannya. Dari Biak harus ke Jayapura dulu, lalu ke Wamena. Memang, ada rencana mengajak teman-teman ke rumah, tapi lihat nanti,” imbuhnya.

Berharap yang Terbaik di Biak

Bermain di Stadion Cendrawasih, Biak Numfor, Asmina Kogoya berharap bisa bermain lebih bagus dan Arema Putri mampu menuai hasil maksimal di Seri Ketiga. Terlebih, menghadapi ‘saudara sekampungnya’, Persipura Putri, Asmina berharap timnya tidak kalah.

“Harapan saya, bermain di Papua, permainan Arema bisa menjadi warna tersendiri. Harapannya, saya bisa bermain lebih baik, dan Arema Putri tetap di posisi 1. Harus semangat terus, termasuk melawan Persipura Putri. Mereka lumayan sangat bagus kekuatannya, tapi saya percaya Arema Putri juga bisa sebagus mereka,” tegas pemain murah senyum ini.